Daya Tarik Altar Jogja Yang Membuatnya Ramai Dikunjungi - InfoJogjakarta.com

Informasi Pariwisata dan Kuliner Kota Jogjakarta dan Sekitarnya

Latest Update
Fetching data...

Daya Tarik Altar Jogja Yang Membuatnya Ramai Dikunjungi

 


Altar Jogja terbilang sangat recommended untuk dikunjungi di waktu malam. Hampir tiap malam, kawasan ini sering dikunjungi orang. Kebanyakan ialah kawula muda yang ingin menghabiskan waktu berbagi keceriaan dengan sahabatnya.

Kawasan ini memiliki daya tarik tersendiri di mata pengunjung. Namanya juga kian populer, dan tidak asing di telinga wisatawan. Makanya, tidak salah bila Anda juga memasukkannya dalam list ketika berwisatadi Jogja di malam hari.

Nah, apa yang menarik dari tempat ini? Serta apa saja kegiatan yang bisa dikerjakan oleh pengunjung? Mari temukan jawabannya di bawah ini.

Sekilas Mengenai Altar Jogja

Alun alun lor (utara) atau yang dikenal dengan istilah beken Altar Jogja merupakan sebuah area yang lapang. Luasnya sekitar 150x150 meter persegi. Letaknya persis di depan Keraton Yogyakarta.

Alun Alun Utara Jogja ini merupakan land mark terkenal. Memiliki dua pohon beringin besar yang dikelilingi oleh pagar. Tetapi, pohon ini bukan yang paling terkenal di Jogja dengan mitos yang Anda ketahui.

Kedua pohon ini memiliki nama tersendiri. Pohon pertama dinamai dengan Kyai Dewandaru. Dan pohon kedua diberi nama Kyai Wijayandaru.

Dulunya, area ini pernah ditanami pohon beringin sekitar 63 buah. Ini menjadi perlambang dari umur Nabi Muhammad SAW.

Area lapang ini dulunya digunakan untuk unjuk kehebatan prajurit di hadapan Sultan. Begitu pula, area ini merupakan tempat untuk Tapa Pepe. Ini merupakan sebuah unjuk kehebatan diri dari masyarakat agar bisa didengar oleh Sultan.

Altar Jogja ini dulunya tidak bisa di akses oleh sembarang orang. Ketika memasukinya, seseorang perlu menanggalkan alas kaki. Begitu pula, seseorang tidak diperkenankan untuk mengendarai kendaraan, menggunakan tongkat maupun mengembangkan payung.

Setelah zaman berubah, area ini mulai dibuka untuk ruang public. Hampir setiap orang bisa masuk. Tentunya untuk melakukan berbagai aktivitas. Bahkan untuk sekedar menjawab rasa penasaran akan tempat yang dulunya disakralkan.

Daya Tarik Alun-Alun Utara Jogja

Bukan sebuah tempat menarik jika tidak mampu mengundang pengunjung. Nyatanya, alun alun lor Yogyakarta ini selalu ramai. Ini tidak lepas dari daya tarik yang ditawarkan oleh tempat tersebut.

Suasana yang tenang dengan balutan tempat yang bersih membuat orang tertarik untuk berkunjung. Apalagi ketika kawasan ini terbuka untuk umum. Pandangan mengenai tempat yang sakral di masa lampau membuat orang begitu penasaran.

Tidak hanya itu saja, tempat ini juga merupakan kawasan yang sering mengadakan acara sakral. Sebut saja acara sekaten. Acara yang merupakan bagian dari kebudayaan masa lampau masih diselenggarakan di tiap tahunnya.

Kawasan yang cukup luas membuat area ini mampu menampung ratusan pengunjung. Tentunya, jumlahnya akan meledak ketika ada acara khusus.

Daya tarik lainnya ialah letaknya sangat strategis. Banyak tempat wisata yang lokasinya berdekatan. Di antaranya ialah Taman Pintar, Nol Kilometer, Keraton, Taman Budaya Yogyakarta dan lain sebagainya.

Anda bisa menjelajah Jogja dengan sangat mudah. Anda cukup berjalan kaki untuk mengunjungi beberapa tempat spesial. Atau, Anda juga bisa menyewa kendaraan roda dua selama berada di sana.

Dengan menyewa kendaraan, Anda akan lebih mudah untuk mengunjungi berbagai tempat. Sembari menyewa atau membawa sendiri, Anda bisa membuat daftar wisata Jogja di masa pandemi yang ingin dikunjungi.

Setelah membuat daftarnya, jangan lupa untuk merencanakan durasi perjalanan. Tujuannya agar Anda bisa menjangkau keseluruhan tempat secara tepat waktu.

Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Alun-Alun Lor Jogja

Berkunjung ke Altar Jogja bisa membuat suasana hati kembali ceria. Tempatnya yang nyaman akan menghadirkan suasana yang haru biru. Apalagi jika Anda mengunjunginya di malam hari.

Cukup banyak aktivitas yang bisa Anda kerjakan di kawasan tersebut. Salah satunya adalah kulineran makanan murah. Kulineran ini diiringi dengan kegiatan bersantai sembari merasakan suasana alun alun lor yang cukup tenang.

Waktu terbaik tentunya di malam hari. Ketika malam tiba, kawasan ini cukup ramai. Banyak pedagang kaki lima yang siap menjajakan berbagai menu makanan murah yang cukup nikmat.

Jika Anda berkunjung di waktu yang tepat, Anda akan menjumpai berbagai pementasan. Contohnya adalah panggung hiburan. Secara, tempat ini sangat cocok lantaran memiliki area yang cukup luas untuk menampung ratusan hingga ribuan orang.

Selain bersantai, Anda juga bisa jalan-jalan di area tersebut. Atau, Anda juga bisa berjalan kaki menuju lokasi wisata lainnya. Pasalnya, lokasi ini menjadi akses utama untuk menuju ke berbagai obyek wisata malam di Jogja.

Sebut saja Malioboro. Berjalan kaki beberapa menit saja, Anda sudah bisa mencapainya. Pasalnya, jaraknya hanya berkisar antara 200 meteran.

Menjelajahi kota yang indah di malam hari ini akan memberikan kesan tersendiri. Anda hanya perlu mempersiapkan kamera untuk mengabadikan momen. Dan jangan lupa untuk mengajak teman agar kunjungan ini semakin menceriakan.

Fasilitas Altar Yogyakarta

Altar Jogja merupakan sebuah area terbuka. Sekarang, kawasan ini bisa dinikmati oleh public. Artinya, siapapun bisa mampir berkegiatan untuk mengisi waktu.

Berkunjung di sini cukup untuk membuat Anda terkesan. Area untuk bersantai ini sudah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas. Tentunya, fasilitasnya terbilang umum lantaran sifat tempat ialah terbuka bagi siapa saja.

Fasilitas yang tersedia antara lain area untuk jalan kaki di pinggir lapangan, warung makan, kamar mandi, musholla, sampai tempat parkir yang luas. Ini sudah cukup untuk membuat kunjungan Anda lebih nyaman.

Deretan penjual kaki lima membuat Anda bebas menentukan jenis kuliner. Salah satunya ialah menikmati wedang ronde yang khas. Dengan segelas wedang ini, Anda bisa menemukan kehangatan suasana malam di Jogja.

Lokasi dan Tiket Alun Alun Utara Yogyakarta

Jika Anda sedang liburan ke Yogyakarta, Anda bisa menutup perjalanan di Alun Alun Utara Yogyakarta ini. Lokasinya berada di Ngupasan, Gondomanan Yogyakarta.

Lokasi ini bisa dijangkau dari berbagai arah. Salah satunya melalui Malioboro. Anda cukup berjalan kaki atau naik kendaraan ke arah selatan. Jaraknya sekitar 200 meter, Anda telah sampai ke Altar ini.

Setelah sampai di sini, Anda tidak akan dikenai biaya masuk. Ini berarti, tidak ada pemberlakuan tiket masuk. Anda bisa hemat biaya yang nantinya bisa dialokasikan untuk kebutuhan makan dan lain sebagainya.

Apabila Anda membawa motor, penitipan kendaraan ini hanya sekitar 2-5 ribu rupiah. Nilai yang cukup murah untuk biaya penitipan. Dan Anda bisa menikmati keseluruhan malam yang menyenangkan di kawasan tersebut.

Supaya kunjungan ini lebih berwarna, ajaklah sahabat terdekat. Teman dekat inilah yang akan menjadi rekan terbaik untuk berbagi keceriaan. Baik untuk menjelajahi seluruh area, sampai mengicipi berbagai sajian makanan murah yang tersedia di lokasi.

Akhirnya, Anda bisa kembali pulang dengan ke penginapan atau rumah. Esok harinya, Anda bisa menjalani rutinitas harian seperti biasanya dengan penuh semangat. Jadi, sudah siap untuk liburan ke Altar Jogja?

Load comments