Daya Tarik Alkid Jogja Yang Menjadi Favorit Wisatawan - InfoJogjakarta.com

Informasi Pariwisata dan Kuliner Kota Jogjakarta dan Sekitarnya

Latest Update
Fetching data...

Daya Tarik Alkid Jogja Yang Menjadi Favorit Wisatawan

 


Sangat disayangkan jika Anda melewatkan Alkid Jogja. Ini merupakan tempat spesial yang paling diburu oleh wisatawan. Baik itu wisatawan lokal maupun asing.

Alasannya ialah tempatnya memang spesial. Memiliki daya tarik khusus seperti adanya mitos yang sangat melegenda. Hal inilah yang membuat tempat ini difavoritkan ketimbang yang lainnya.

Waktu yang paling tepat untuk berkunjung ialah mulai sore hari. Aktivitas di waktu ini cukup padat. Dengan kata lain, tempat ini cocok dimasukkan sebagai salah satu wisata malam Jogja paling recommended.

Daya Tarik Alun Alun Kidul Jogja

Alkid Jogja merupakan istilah keren dari alun alun Kidul. Kawasan ini memiliki penampilan yang memikat. Bahkan memberikan sebuah warna sendiri di era kemodernan.

Daya tarik dari kawasan ini berasal dari keberadaan beringin kembar (beringin Wok). Beringin tumbuh berdampingan dan menjadi salah satu area yang dipenuhi dengan mitos. Salah satunya dikaitkan dengan ritual agar hajat seseorang terkabul.

Ritual ini disebut dengan Masangin. Ritual ini berkembang sejak masa lampau. Biasanya dilakukan pada malam 1 Syuro dari penanggalan jawa.

Ritual ini dilakukan oleh abdi dalem ataupun prajurit. Abdi dalem akan memakai pakaian Jawa lengkap. Kemudian berbaris dan berjalan menuju pelataran dengan melewati dua beringin kembar tersebut.

Pada saat ritual dilakukan, setiap abdi dalem ataupun para prajurit tidak akan mengucapkan satu patah kata. Tradisi ini dipercaya sebagai bagian dari permohonan untuk mencari perlindungan dari serangan musuh.

Ritual ini dulunya disebut dengan Topo Bisu. Sampai saat ini, ritual tersebut masih terus berjalan. Bahkan sebagian besar wisatawan juga tertarik untuk melakukannya dengan menutup mata.

Kegiatan Menarik di Alun-Alun Pengkeran Jogja

Alkid Jogja ini juga disebut dengan Pengkeran. Dikatakan seperti itu lantaran kawasan ini dulunya sangat angker. Tetapi seiring perkembangan zaman, suasananya menjadi berubah lebih berwarna.

Ketika Anda berkunjung di destinasi wisata ini, ada beberapa hal yang bisa dikerjakan. Aktivitas ini hampir pasti dikerjakan oleh wisatawan. Di antaranya adalah sebagai berikut ini.

1. Berjalan Melewati Beringin Kembar

Berjalan dengan menutup mata dengan tujuan melewati beringin kembar hampir selalu diagendakan. Selain sebagai bagian dari coba-coba, sebagian wisatawan juga berkeinginan untuk mendapatkan berkah.

Mitos yang berkembang menjelaskan bahwa siapa saja yang bisa melewatinya dengan mata tertutup akan terkabul hajatnya. Tentunya ini hanya sebuah mitos yang mana aktivitas ini dijadikan sebagai sarana saja.

Meskipun tampak mudah, nyatanya tidak semudah yang dibayangkan. Faktanya, banyak sekali wisatawan yang gagal walaupun sudah memperkirakan alurnya. Contohnya ialah tiba-tiba melangkah ke area yang berbeda.

2. Berkeliling dengan Menaiki Odong-Odong

Aktivitas seru lainnya yang terdapat di Alkid Jogja ialah berkeliling dengan naik odong-odong. Kegiatan ini biasanya dilakukan oleh pasangan muda mudi. Selain itu, anak-anak dan anggota keluarga biasanya mencobanya.

Harga sewa kereta hias ini di kisaran 30-50 ribu rupiah. Pengunjung bisa bebas untuk menaikinya. Dengan catatan tidak boleh berhenti makan selama melakukan sewa.

Selain itu, ada batasan dalam memanfaatkan odong-odong. Setiap penyewa dibatasi untuk menaikinya sekitar 1 putaran saja. Kemudian, sewa tidak boleh lebih dari 100 ribu. Hal ini dikarenakan untuk memberi kesempatan bagi pengunjung lainnya.

3. Menikmati Pertunjukan Wayang

Jika Anda menyukai pertunjukan wayang, Anda bisa datang langsung ke Sasana Hinggil Dwi Abad. Lokasinya berada di utara dari alun alun Kidul.

Pertunjukan ini akan digelar semalaman penuh. Pagelaran ini diselenggarakan setiap bulan. Tepatnya pada hari sabtu di malam kedua.

Pertunjukan wayang ini diselenggarakan dari kerja sama antara TVRI dan harian kedaulatan Rakyat. Sampai saat ini, pertunjukan ini masih bisa dinikmati. Jadi, Anda yang gemar dengan cerita pewayangan bisa menontonnya.

4. Berwisata Kuliner Murah

Wisata tidak pernah lengkap tanpa kulineran. Itu sudah menjadi bagian pelengkap dari wisata. Apalagi jika berburunya di malam hari.

Kuliner malam hari di Jogja memang cukup menyenangkan. Tempatnya yang ramai dan bersih membuat suasananya tampak menjanjikan. Anda bisa menikmati sajian aneka hidangan khas yang harganya murah meriah.

Anda bebas untuk memilihnya. Karena banyak sekali pedagang kaki lima yang siap menjajakan aneka sajian nikmat. Pas untuk membuat perut kenyang.

Fasilitas Alkid Yogyakarta

Liburan ke Alkid Jogja ini bisa dikatakan cukup lengkap. Anda tidak hanya diberikan kesempatan untuk menikmati suasana malam di sini, tetapi juga diberikan sejumlah kemudahan untuk pengunjung dari luar Jogja.

Fasilitas pendukungnya bisa dikatakan sangat baik. Sarana dan prasarana sudah disediakan. Ini tentunya membuat pengunjung tidak perlu mengkhawatirkan apapun.

Warung makan, tempat untuk santai bisa dipilih sesuka hati. Kamar mandi atau toilet serta fasilitas umum lainnya sudah ada. Bahkan, alun alun kidul juga sudah dilengkapi dengan berbagai jenis penginapan.

Penginapan dengan nilai ekonomis maupun mahal bisa disewa. Anda tinggal menyesuaikan budget ketika berada di kawasan tersebut.

Lokasi dan Tiket Alun Alun Kidul Yogyakarta

Lokasi Alkid Jogja ini berada di Patehan, Kraton Yogyakarta. Lokasi yang sangat strategis. Karena memang bisa dilalui oleh berbagai jalur.

Jika Anda datang dari pusat kota, Anda hanya perlu mengendarai kendaraan sekitar 5-15 menitan. Tergantung pada ramai tidaknya di perjalanan. Tetapi yang pasti, Anda tidak akan kesulitan untuk mengunjunginya.

Sementara untuk harga tiketnya, alun alun Kidul Yogyakarta ini masih gratis. Anda tidak akan dipungut biaya selain biaya parkir kendaraan.

Biaya parkir sendiri juga cukup murah. Biayanya hanya sekitar 2 ribu rupiah untuk kendaraan roda dua. Sementara pemilik mobil perlu mengeluarkan biaya 5 ribu rupiah.

Tips Wisata di Alkid Jogja

Tips ini akan berguna untuk mendukung kenyamanan dan keamanan selama liburan di berbagai tempat wisata Jogja di masa pandemi. Terutama bagi Anda yang berencana untuk berkunjung di Alkid.

Tips pertama ialah membuat daftar obyek wisata yang bakalan dikunjungi. Masukkan 4-5 tempat. Kemudian buat secara urut sesuai. Misalnya pagi akan datang kemana, dan malamnya dihabiskan di tempat wisata malam.

Tips kedua ialah memastikan siapa saja yang diajak untuk berlibur. Usahakan agar orang yang diajak memang satu frekuensi. Alasannya agar tidak menimbulkan perdebatan yang berkepanjangan selama di perjalanan.

Tips ketiga ialah menentukan transportasi. Temukan transportasi apa saja yang bakalan digunakan. Karena inilah yang akan membawa Anda masuk ke seluruh tempat wisata.

Tips keempat adalah mencari penginapan. Di sini, Anda sebaiknya memilih penginapan yang mana berada dekat dengan tempat berkunjung terakhir. Dalam hal ini, penginapan sekitar Alkid sangat direkomendasikan.

Tips kelima ialah membuat rencana keuangan. Hitung seluruh biaya yang bakalan dikeluarkan. Kemudian tambahkan 30 persen biaya. Uang cadangan ini disimpan ketika ada pembiayaan yang tidak terduga.

Jika Anda sudah membuat rencana yang matang, Anda bisa segera melakukan perjalanan di waktu yang tepat. Tetap patuhi aturannya, maka wisata ke Alkid Jogja dan sekitarnya akan berjalan dengan nyaman.

Load comments