Asyiknya Berburu Kuliner Malam Jogja yang Membakar Lidah - InfoJogjakarta.com

Informasi Pariwisata dan Kuliner Kota Jogjakarta dan Sekitarnya

Latest Update
Fetching data...

Asyiknya Berburu Kuliner Malam Jogja yang Membakar Lidah

 


Kuliner malam Jogja mengandung pesona tersendiri bagi penikmatnya. Karena jenisnya beraneka ragam. Selain itu, kekhasan rasanya juga tidak bisa diragukan lagi. Sangat cocok untuk memanjakan lidah Anda.

Saat malam hari, setiap sudut kota Jogja menarik untuk dikunjungi. Terutama untuk berwisata kuliner malam. Atau untuk sekedar jalan-jalan saja. Namun, akan lebih asyik jika Anda mencoba untuk berburu kuliner malam disini. Terutama yang bercita rasa pedas.

Jadi, segera buat agenda untuk melakukan wisatamalam Yogyakarta. Dengan begitu Anda bisa mencicipi beraneka ragam kuliner malam pedas yang unik khas Jogja. Unik karena sensasi pedas yang membakar lidah, justru membuat ketagihan.

Nah, berikut ini daftar kuliner malam bercita rasa pedas dan unik khas Jogja. Jadi, siapkah Anda mencicipi kuliner malam yang membakar lidah ini?

Daftar Kuliner Malam Khas Jogja yang Membakar Lidah

Saat berkunjung ke Jogja, belum lengkap jika tidak mencicipi kuliner malam khas Jogja. Berikut nama dan lokasi kuliner malam yang terkenal pedas dan membakar lidah, yaitu:

1. Gudeg Mercon

Umumnya, gudeg terkenal dengan rasanya yang manis. Namun, bagi penikmat pedas, gudeg mercon bisa dijadikan pilihan. Disebut ‘mercon’ karena rasa pedasnya membakar lidah. Namun, membuat ketagihan.

Nah, gudeg mercon paling recommended untuk Anda coba adalah gudeg mercon Bu Tinah. Sebenarnya, gudeg mercon Bu Tinah memiliki isian yang hampir sama dengan gudeg lainnya. Bedanya, terletak pada sambal merconnya.

Untuk harga jangan khawatir. Gudeg mercon Bu Tinah dipatok dengan harga terjangkau. Yaitu mulai dari Rp 15.000 per porsinya. Jadi, sangat recommended untuk destinasi wisata kuliner Anda.

Lokasi gudeg mercon ini terletak di Jalan Asem Gede, Cokrodiningratan, Jetis, Yogyakarta. Selain itu, kuliner ini sangat cocok untuk destinasi wisata kuliner malam Jogja Anda. Karena warung ini baru buka pada jam 21.30 malam sampai jam 03.00 dini hari.

2. Oseng Mercon

Selain gudeg, Jogja juga terkenal dengan oseng merconnya. Bisa dibuktikan setiap malam banyak tenda lesehan di pinggir jalanan Jogja bertuliskan ‘oseng-oseng mercon’.

Oseng mercon terbuat dari ‘koyor’ lemak sapi, kikil sapi, atau kulit sapi. Disebut oseng mercon karena memunculkan sensasi meledak-ledak di mulut. Disebabkan bumbu cabe yang sangat pedas.

Nah, oseng mercon Jogja paling wajib Anda coba adalah oseng mercon Bu Narti. Oseng mercon Bu Narti merupakan pelopor kuliner oseng mercon Yogyakarta. Tidak heran meski pedasnya membakar lidah pengunjungnya  selalu ramai.

Harga oseng mercon Bu Narti sangat terjangkau. Yaitu dimulai dari harga Rp 20.000 per porsinya. Jadi, tidak akan menguras kantong Anda.

Lokasi oseng mercon Bu Narti terletak di Jalan KH Ahmad Dahlan, Ngampilan, Yogyakarta. Dan mulai buka jam 18.00 sampai jam 23.00 malam. Jadi, sangat cocok Anda masukkan sebagai list kuliner malam Jogja Anda.

3. Balungan Sogul Jugak

Bagi Anda yang belum pernah berkunjung ke Jogja, mungkin kuliner satu ini masih terdengar asing. Balungan ‘tulang’ sogul jugak merupakan sop atau balungan ayam dengan rasa pedas dan gurih. Uniknya, level pedas balungan ini bisa Anda tentukan sendiri.

Meski disebut balungan, kuliner unik satu ini tidak berbahaya bagi pencernaan. Karena yang Anda nikmati dari kuliner ini adalah sisa daging ayam yang melekat pada tulang. Jadi, bukan tulangnya yang dimakan.

Harga balungan sogul jugak bervariasi. Yaitu dimulai dari harga Rp 11.000 sampai Rp 20.000 per porsinya. Jadi, Anda bisa memilih menu sesuai budget yang Anda miliki.

Lokasi balungan sogul jugak terletak di Jalan C. Simanjuntak, Terban, Gondokusuman, Yogyakarta. Setiap hari buka jam 18.00 sampai jam 22.00 malam. Jadi, segera masukkan balungan sogul jugak dalam list kuliner malam Jogja Anda.

4. Rica-Rica Menthok Pedas

Kuliner yang membakar lidah selanjutnya adalah rica menthok. Sensasi pedas rica-rica didapatkan dari bumbu rempah dan cabe rawit yang banyak. Jadi, sangat cocok bagi lidah pemburu kuliner pedas.

Nah, rica mentok di Jogja yang terkenal adalah rica menthok pedas Pak Fadhil. Selain karena pedasnya, kuliner satu ini memiliki citarasa unik. Pasalnya, proses memasaknya masih menggunakan alat masak tradisional.

Harga rica menthok pedas Pak Fadhil juga tidak kalah terjangkau. Setiap porsinya dipatok dengan harga mulai dari Rp 25.000. Harga standar untuk menikmati seporsi rica menthok yang menggugah selera.

Lokasi rica menthok pedas Pak Fadhil terletak di Jalan Kapten Piere Tendean No.16, Wirobrajan, Yogyakarta. Setiap harinya buka mulai jam 11.00 sampai jam 22.00 malam. Jadi, jangan lupa mencicipinya saat berwisata kuliner malam Jogja.

Mengapa Berburu Kuliner Malam Bercita Rasa Pedas Lebih Asyik?

Jogja merupakan salah satu kota yang terkenal keunggulan wisatanya. Baik wisata alam ataupun wisata budayanya. Namun, ada yang tak kalah menarik yaitu wisata kuliner.

Berburu kuliner khas Jogja sangat menarik untuk dilakukan. Karena banyak primadona wisata kuliner bisa Anda kunjungi. Apalagi bagi Anda yang sibuk bekerja pada siang hari.

Berburu kuliner saat malam hari bisa dijadikan pilihan terbaik. Bahkan, berbagai macam kuliner malam ada yang buka hingga 24 jam. Selain itu, suasana kota yang bersahabat mendukung kuliner malam di Jogja terasa lebih asyik.

Berburu kuliner malam Jogja yang membakar lidah terasa lebih asyik karena beberapa hal. Bisa dipengaruhi oleh rasa pedas itu sendiri. Atau oleh suasana kotanya.

Alasan pertama adalah karena rasa pedas itu sendiri. Banyak orang menyukai kuliner malam bercita rasa pedas. Karena dianggap lebih enak. Atau tepatnya membuat ketagihan. Sehingga  rasa pedas dianggap lebih asyik daripada rasa yang lainnya.

Faktanya, menyantap kuliner malam bercita rasa pedas memang bisa memunculkan efek ketagihan. Ini disebabkan rasa pedas dari dari cabe bisa merangsang hypothalamus untuk memproduksi hormon endorfin.

Nah, hypothalamus adalah kelenjar di bawah otak. Bisa terstimulus saat tubuh Anda merasakan sakit yang luar biasa. Dan rasa pedas dikenali oleh jaringan saraf tubuh sebagai rasa sakit. Sehingga saat menyantap kuliner bercita rasa pedas hormon endorfin akan diproduksi.

Hormon endorfin memiliki senyawa yang mirip dengan morphin. Itulah penyebab efek ketagihan bagi penikmat pedas. Karena tubuhnya memproduksi morphin alami. Jadi, memang terbukti menyantap kuliner malam bercita rasa pedas terasa lebih asyik.

Alasan kedua adalah karena suasana kotanya. Suasana malam kota Jogja terasa lebih indah dibandingkan saat siang. Karena saat siang hari cuaca sering terasa panas dan gerah. Jadi, sangat tidak cocok untuk menyantap kuliner bercita rasa pedas.

Berbeda saat malam hari. Udaranya terasa lebih sejuk. Pemandangan yang disuguhkan juga lebih indah. Dan kuliner malam bercita rasa pedas sangat cocok dipilih  saat malam hari. Karena bisa menghangatkan tubuh penikmatnya.

Namun, saat ini masa pandemi virus corona belum berakhir. Mengunjungi wisata kuliner malam khas Jogja tidak akan leluasa. Untungnya, daftar kuliner malam khas Jogja di atas memberikan opsi layanan di masa pandemi. Seperti layanan bawa pulang dan pesan antar.

Sehingga Anda bisa memilih untuk membeli dan membawa pulang kuliner malam Anda. Atau memesannya melalui ojek online. Lalu, menyantapnya di rumah saja. Jadi, daftar kuliner malam khas Jogja di atas bisa dijadikan solusi wisata Jogja masa pandemi.

Itulah ulasan tentang asyiknya berburu kuliner malam Jogja yang membakar lidah. Meski situasi masih pandemi, daftar kuliner malam khas Jogja di atas bisa tetap Anda nikmati. Jadi, selamat mencoba.

Load comments