Pesona Bukit Bintang Jogja Yang Menawan Dan Bikin Ketagihan - InfoJogjakarta.com

Informasi Pariwisata dan Kuliner Kota Jogjakarta dan Sekitarnya

Latest Update
Fetching data...

Pesona Bukit Bintang Jogja Yang Menawan Dan Bikin Ketagihan

 

bukit bintang di malam hari

Penasaran dengan bukit bintang Jogja? Banyak yang bilang, bukit ini sangatlah cantik. Terutama pada malam hari. Kita bisa melihat jutaan bintang di langit malam Jogja. Dari atas puncak bukit dengan ketinggian 150 mdpl.

Jogja memang tidak perlu diragukan dalam hal wisata. Destinasi di sana semuanya tidak ada yang tidak menarik. Salah satunya yaitu bukit bintang. Yang awalnya tidak sengaja ditemukan. Dan sekarang justru malah menjadi salah satu yang populer.

Bagi wisatawan Jogja, tempat ini wajib dikunjungi. Dengan segala pesona keindahannya yang mengagumkan. Yang tentunya sayang untuk dilewatkan.

Pesona Bukit Bintang Jogja

Bukit bintang adalah salah satu wisata populer Jogja. Dengan nama asli Bukit Hargo Dumilah. Yang merupakan nama dari daerah bukit ini berada. Namun setelah dijadikan tempat wisata. Namanya pun diubah menjadi bukit bintang.

Nama bukit bintang sendiri terinspirasi dari keindahannya. Di mana saat malam, cahaya lampu di bawahnya tampak seperti bintang. Berkerlap-kerlip dengan cahayanya yang berwarna-warni. Seakan adalah bintang di langit gelap Jogja.

Pemandangan yang kontras dengan pusat kota. Di mana malam begitu terang dengan cahaya lampu. Berbeda dengan sekitaran bukit yang gelap. Yang berupa perbukitan dan jalanan lumayan sepi.

Sementara saat siang hari, pemandangan didominasi warna hijau. Dari pepohonan dan alam di bawahnya. Serta pemukiman penduduk yang tampak dari kejauhan. Baik siang ataupun malam. Bukit bintang sangat cantik dengan pesonanya sendiri.

Meski sebenarnya tempat ini hanyalah lintasan yang menanjak. Namun dengan pesona pemandangan yang dimiliki. Tempat ini menjadi sangat menarik dikunjungi. Ditambah dengan beberapa fasilitas yang sudah tersedia sekarang.

Aktivitas Seru di Bukit Bintang Jogja

Daya tarik utama bukit ini memang terletak di pemandangannya. Namun bukan berarti tidak ada aktivitas yang bisa dilakukan. Sambil menikmati keindahan yang disuguhkan. Pengunjung juga bisa melakukan banyak kegiatan.

Kebanyakan pengunjung biasanya lebih suka jalan-jalan. Menghirup udara sejuk khas perbukitan. Sambil melihat-lihat indahnya kekayaan alam Jogja. Selain itu, beberapa kegiatan lain juga seru dilakukan. Diantaranya seperti:

Bersantai

Memiliki lokasi yang cukup tenang. Dengan udaranya yang sejuk dan segar. Bukit ini sangat nyaman untuk tempat bersantai. Baik itu di siang ataupun malam hari. Kapan pun Anda ingin ke bukit bintang Jogja.

Di siang hari, udara di sini cukup sejuk. Anda pun dimanjakan dengan panorama alam hijau. Pemandangan jogja dari atas ketinggian. Sementara saat malam, Anda bisa menyaksikan jutaan bintang. Juga gemerlap lampu di kota jogja.

Untuk soal tempat, tak perlu khawatir. Di bukit ini sudah ada beberapa bangku. Juga area tempat duduk gratis. Serta para pedagang makanan. Jadi, pengunjung bisa bersantai sambil menikmati jajanan di sana.

Berfoto Ria

bukit bintang jogja


Pergi ke suatu tempat tanpa berfoto rasanya kurang lengkap. Karena itu, berfoto wajib dilakukan. Apalagi panorama di bukit ini sangat indah. Ada banyak sudut yang cantik untuk background foto.

Beberapa spot foto memang sengaja dibuat. Namun view alamnya juga tak kalah menarik. Khususnya pada malam hari. Suasananya menjadi terkesan romantis. Dengan cahaya lampu yang berkerlip seperti bintang.

Maka dari itu, jangan lupa membawa kamera. Untuk hasil memotret yang lebih maksimal. Dengan kualitas foto yang bagus.

Melihat Sunset

Merupakan salah satu tempat nongkrong malam Jogja populer. Bukit bintang memang menawan saat menjelang malam. Terutama dengan fenomena sunset di sore harinya. Yang bisa Anda saksikan dari atas bukit ini.

Apalagi dengan posisinya yang menghadap ke barat. Kita bisa melihat langsung pemandangan matahari tenggelam. Yang tampak di balik Gunung Merbabu.

Disarankan sebaiknya Anda datang lebih awal. Jika tak ingin ketinggalan momen ini. Dan jangan lupa juga cari tempat yang pas.

Kulineran

Meski letaknya tidak berada di pusat kota. Jangan kira Anda tidak bisa kulineran di sini. Di bukit bintang Jogja banyak juga tempat makan. Dengan pilihan menu bervariasi yang ditawarkan.

Jika ingin yang lebih terjangkau. Banyak juga deretan pedagang kaki lima. Yang menjajakan dagangan di pinggir jalan. Dengan pilihan makanan yang beragam. Dan rasa yang tak kalah enak. Serta harga yang lebih murah.

Lokasi dan Rute ke Bukit Bintang

Nah, tertarik untuk berkunjung kemari? Jika berminat, Anda tinggal datang saja ke Jogja. Tepatnya di Area Kebun, Srimulyo, Kecamatan Patuk. Di Kabupaten Gunung Kidul, DIY. Yakni di Jalan Yogyakarta – Wonosari KM 15.

Untuk sampai menuju ke lokasi ini tidaklah sulit. Di sepanjang jalannya pun ada banyak petunjuk arah.Terlebih lagi letaknya yang memang sangat strategis. Di pinggir jalan yang biasa dilalui untuk ke pantai Gunung Kidul.

Sementara mengenai rute ke lokasi. Bukit wisata ini bisa diakses roda dua ataupun roda empat. Baik itu kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Dengan jarak sekitar 20 km dari Jogja. Dan 30 menit lebih perjalanan berkendara.

Jika dari arah Jogja, pengendara bisa melalui Jalan Raya Jogja – Wonosari. Lalu terus lurus menuju Pasar Piyungan. Hingga sampai ke tikungan Bokong Semar. Kemudian melanjutkan perjalanan ke Hargo Dumilah.

Bukit bintang Jogja berada di sisi jalan. Setelah tanjakan dari kawasan Piyungan. Dan sebelum Kecamatan Patuk. Jika bingung, perhatikan saja petunjuk jalannya.

Fasilitas di Bukit Bintang

bukit bintang


Di kawasan bukit ini, sudah ada berbagai macam fasilitas. Yang bisa dipakai oleh para pengunjung. Jadi bila Anda butuh sesuatu. Sudah ada tersedia di sini.

Pada awal dibukanya kawasan bukit ini. Fasilitasnya memang belum memadai. Namun seiring dengan semakin banyak pengunjung. Bukit ini kini telah dikembangkan. Dengan dilengkapi fasilitas pendukung seperti sekarang.

Adapun fasilitas yang ada sudah terbilang lengkap. Mulai dari area untuk duduk. Hingga kamar mandi dan parkiran. Ada juga beberapa tempat makan dan restoran. Sementara untuk orang muslim, tersedia juga Musholla.

Bagi yang ingin menginap,ada juga beberapa akomodasi. Yang terletak masih di sekitar kawasan bukit. Yang bisa disewa untuk tempat nyaman bermalam.

Jam Buka dan Tiket Masuk

Jika ingin berkunjung ke bukit bintang Jogja. Siapa pun bisa datang kapan pun ia mau. Bebas, entah itu di pagi, siang maupun malam hari. Sebab tempat ini buka 24 jam. Setiap hari selama seminggu tanpa ada libur.

Itu sebabnya, tempat ini banyak difavoritkan. Bahkan termasuk wisata Jogja di masa pandemi yang seru. Dengan lokasi yang cantik, dekat dan murah.

Untuk berkunjung kemari memang hampir tidak butuh biaya. Pengunjung hanya perlu membayar uang parkir. Itupun hanya berkisar Rp. 2.000 hingga Rp. 5000. Selebihnya adalah biaya untuk kebutuhan pribadi. Seperti makan dan minum.

Jadi, apabila ingin wisata santai nan murah. Atau ingin menghabiskan waktu seharian. Tempat wisata bukit bintang Jogja bisa jadi pilihan. Yang pasti akan menyenangkan dan tak terlupakan. Jika Anda sedang di Jogja, jangan lupa mampir ke tempat ini.

Load comments