Peraturan Utama Bila Jalan-Jalan Di Malioboro Di Masa Pandemi - InfoJogjakarta.com

Informasi Pariwisata dan Kuliner Kota Jogjakarta dan Sekitarnya

Latest Update
Fetching data...

Peraturan Utama Bila Jalan-Jalan Di Malioboro Di Masa Pandemi

 

jalan jalan di malioboro

Ingin jalan-jalan di malioboro meski masih pandemi? Di masa new normal, hal itu sudah bisa Anda lakukan. Namun tetap, Anda tidak bisa seleluasa dulu. Ada aturan baru yang harus Anda ketahui. Agar aman dan nyaman berkunjung di malioboro.

Jogja memang telah membuka kembali sektor wisatanya. Terkait hal ini, termasuk juga kawasan jalan malioboro. Jadi bagi Anda yang ingin jalan-jalan ke sana. Sekarang pun Anda sudah bisa mewujudkannya.

Namun mengingat ini masih masa pandemi covid-19. Sejumlah protokol kesehatan pun akan diberlakukan. Agar tidak terjadi pelonjakan kasus positif. Akibat dibukanya sektor wisata. Khususnya di kawasan wisata malioboro.

Lebih-lebih lagi di masa seperti ini. Saat orang-orang justru ramai ingin liburan. Setelah memang dalam waktu lama di rumah saja. Aturan dan protokol pencegahan virus harus diperhatikan. Agar kunjungan wisata tidak malah berujung bahaya.

Peraturan di Malioboro Pada Masa Pandemi

Masa new normal dimulai. Berbagai sektor pun kembali menggeliat. Kebiasaan normal baru gencar ditekankan. Masyarakat diminta untuk senantiasa melakukan perlindungan diri. Begitu pun juga saat sedang berkunjung di Jogja.

Tempat-tempat wisata telah membuat sejumlah persiapan. Guna menerima wisatawan selama masa new normal. Termasuk juga di kawasan jalan malioboro. Wisata malam di Jogja paling populer ini punya aturan baru selama pandemi.

Aturan tersebut berkaitan dengan protokol kesehatan. Untuk menekan kasus penularan covid-19. Khususnya di kawasan wisata malioboro. Di mana semua pengunjung harus mematuhi aturan tersebut. Untuk diperbolehkan jalan-jalan di malioboro.

Adapun aturan tersebut memiliki 5 poin pokok. Yang pertama adalah wajib cuci tangan. Di sejumlah titik yang telah pengelola siapkan. Kedua, pengunjung wajib mengenakan masker. Selama masih berada di kawasan malioboro.

pakai handsanitizer


Sementara itu, aturan ketiga adalah scan kode QR. Pengunjung wajib melakukan scan kode ini. Dengan melalui aplikasi QR Code Scanner. Sebagai registrasi guna pendataan diri. Di mana QR kode tersebut diantaranya terletak di trotoar malioboro.

Aturan keempat, para pejalan kaki diwajibkan jaga jarak. Bahkan di jalurnya juga sudah disediakan tanda. Berupa gambar jejak sepatu berwarna kuning. Untuk panduan antar pejalan kaki menjaga jarak aman.

Tidak hanya itu saja. Jalur pejalan kaki kini juga dibuat satu arah. Di masing-masing tepi jalan malioboro. Sehingga potensi berdesakan akan berkurang. Di spot-spot foto favorit juga demikian. Sehingga wisatawan bisa antri foto tanpa berdekatan.

Aturan ini dibuat demi keselamatan bersama. Untuk itu, wisatawan ditekankan selalu mematuhinya. Agar kawasan malioboro tetap aman. Dan Anda pun bisa tetap jalan-jalan meski di masa pandemi.

Aktivitas di Malioboro yang Bisa Dilakukan

Walau telah diberlakukan aturan baru. Liburan Anda dijamin akan tetap seru. Kenapa? Pasalnya, aturan tersebut tidak membatasi pengunjung. Anda pun tetap bisa berkeliling mengeksplor malioboro. Dengan catatan, selalu mematuhi aturan.

Nah, untuk Anda yang ingin seru-seruan di malioboro. Dengan tetap memperhatikan aturan di masa pandemi. Berikut beberapa aktivitas yang bisa dilakukan:

1.      Memotret

Di mana pun, memotret adalah wajib. Apalagi saat jalan-jalan di malioboro. Yang memang punya banyak spot unik untuk dipotret. Ditambah lagi dengan berbagai fasilitas yang ada. Hasil jepretan Anda pasti akan terlihat bagus.

Ada beberapa lokasi foto unggulan di kawasan ini. Contohnya, di belakang papan nama Malioboro. Atau di tengah keramaian pengunjung disana. Namun begitu, pastikan akan selalu menjaga jarak.

2.      Berbelanja

Di malioboro tapi tidak belanja apapun? Anda pasti akan menyesal. Bagaimana tidak. Kesempatan belanja murah terbuang begitu saja. Padahal, harga barang di sana bisa dinego sangat miring.

Malioboro memang dikenal surganya belanja di Jogja. Jadi berbelanja tak boleh terlewatkan disini. Hanya saja, pastikan Anda selalu jaga jarak. Gunakan masker dan kurangi bersentuhan dengan para pedagang.

Soal barang yang ditawarkan, tak usah khawatir. Di sepanjang jalan malioboro Anda akan menemukan semuanya. Mulai dari baju, jajanan hingga aksesori. Jika beruntung, Anda pun bisa belanja banyak oleh-oleh dengan harga murah.

3.      Makan Enak

Jalan-jalan di malioboro kurang lengkap tanpa kulineran. Kawasan ini memang merupakan yang paling komplit. Termasuk dalam hal makanan. Jenis makanan apapun bisa Anda temukan di sini.

Bukan hanya Gudeg atau Yamko. Makanan tradisional Jogja juga ada di tempat ini. Tak terkecuali makanan-makanan unik. Seperti oseng-oseng mercon hingga sate kere. Yang pastinya sulit Anda temukan di kota lain.

Tak hanya itu, ada juga jajanan khas kaki lima. Seperti bakso tusuk, jamu kencur dan leker. Serta jajanan lainnya yang pastinya enak.

4.      Jalan-Jalan Naik Becak

berwisata di jogja


Jalan malioboro memang identik dengan becak. Bahkan rasanya belum lengkap liburan di Jogja. Bila belum berkeliling Malioboro dengan naik becak.

Namun di masa pandemi ini, ada yang sedikit berbeda. Tentu saja karena adanya protokol kesehatan. Penarik becak dan penumpang harus taat aturan. Namun untuk selebihnya, tidak ada yang diubah.

Anda bisa jalan-jalan dengan naik becak. Atau jika ingin, bisa juga naik andong. Tidak perlu capek-capek jalan kaki. Untuk menjelajahi malioboro.

Sekedar saran, sebaiknya tawar harga di muka. Bicarakan dulu masalah harga sebelum menaiki becak. Karena biasanya, harganya lebih tinggi. Lebih lagi pada wisatawan di masa liburan.

5.      Piknik Jalan Kaki

Jika ingin liburan lebih hemat. Tak ada salahnya Anda memilih jalan kaki. Jangan kira ini akan membosankan. Jalan kaki di malioboro bisa sangat menyenangkan. Anda bisa menikmati setiap sudut di tempat ini.

Anda pun bisa berjalan-jalan sambil cuci mata. Melihat pernak-pernik yang dijual di sepanjang jalan. Juga spot-spot epic yang bisa digunakan berfoto. Jalan-jalan di malioboro pun akan terasa singkat.

Kalaupun sudah capek jalan kaki. Banyak juga moda transportasi bisa dipakai. Mulai dari becak, andong hingga ojek online.

Tips Aman Jalan-Jalan di Malioboro

Guna menjaga diri saat beraktivitas di kawasan malioboro. Anda diwajibkan mengikuti aturan pasca pandemi. Selain itu, perhatikan juga tips-tips berikut ini:

Tidak Datang Rombongan

Sebaiknya hindari pergi beramai-ramai untuk saat ini. Disarankan untuk solo traveling saja. Jangan datang secara rombongan.

Membawa Hygine Kit

Ini menjadi barang wajib yang harus dibawa. Untuk Anda tetap menjaga kebersihan diri. Bahkan saat seharian berkeliling malioboro.

Barang bawaan ini meliputi bahan pembersih virus. Seperti hand sanitizer dan disinfektan spray. Juga tisu basah dan tisu kering serta sabun cair.

Awasi Barang Bawaan 

Selain virus, orang lain juga harus Anda waspadai. Tidak sedikit tindakan kriminal di kawasan ini. Untuk itu, selalu taruh tas di depan. Dan usahakan jangan terlalu banyak bawa barang.

Bandingkan Harga Barang 

Agar semuanya aman, termasuk kantong. Jangan ragu membandingkan harga barang. Demi mendapatkan harga paling murah. Karena biasanya, harga bisa berbeda jauh tiap kiosnya.

Bagaimana, siap untuk jalan-jalan di malioboro? Yang terpenting selalu patuhi aturan. Bila tidak enak badan, sebaiknya istirahat saja.

Load comments