Punya Bakat Menyanyi? Yuk Ikuti Audisi Indonesian Idol 2020 Secara Online - InfoJogjakarta.com

Informasi Pariwisata dan Kuliner Kota Jogjakarta dan Sekitarnya

Latest Update
Fetching data...

Punya Bakat Menyanyi? Yuk Ikuti Audisi Indonesian Idol 2020 Secara Online



Pengen ikut ajang pencarian musik bergengsi, Indonesian Idol? Mulai membuka audisi sejak 8 Juni 2020 di tengah pandemi COVID-19. Anda bisa ikuti audisi Indonesian Idol 2020 secara online. Nah, seperti apa caranya?
Di tahun ini, kontes Indonesian Idol akan memasuki musim ke-11. Pencarian kontestan pun telah dimulai. Bahkan sudah ada 10 ribu lebih video yang ikut audisi online.
Tahun ini audisi memang dilakukan cukup berbeda. Dengan mengirimkan video secara online. Serta dengan syarat dan ketentuan tertentu.

Persyaratan Daftar Audisi Indonesian Idol

Bagi peserta yang ingin mendaftar di ajang Indonesia Idol tidaklah sulit. Persyaratannya pun mudah dan tidak ribet. Apa saja itu? Perhatikan berikut ini:
  1.  Merupakan warga negara Indonesia (WNI). Yang mana artinya, Anda tidak dapat mendaftar jika Anda bukan WNI. Atau merupakan warga negara asing (WNA).
  2. Peserta telah berusia minimal 16 tahun pada saat audisi. Dan maksimal 27 tahun saat mengikutinya.
  3. Memiliki kemampuan dalam bidang musik. Terutama pada tarik suara.
  4. Memiliki kartu identitas resmi. Seperti KTP, SIM dan Kartu Pelajar. Atau Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran.
  5. Bersedia mengikuti kompetisi Indonesian Idol sampai dengan selesai.

Tata Cara Daftar Audisi Indonesian Idol Online

Nah, bagi Anda yang telah memenuhi syarat dan menaruh minat. Anda bisa ikuti audisi Indonesian Idol 2020 secara online. Dengan dua pilihan cara berikut:
1.      Daftar Melalui Situs Metube.id
·         Rekam video Anda dengan durasi maksimal 5 menit. Dalam rekaman video tersebut, pastikan telah mencakup beberapa hal berikut:
a.       Perkenalan diri. Pada awal video, sebaiknya perkenalkan lebih dulu diri Anda. Meliputi nama, usia, pekerjaan dan lainnya. Lakukan sesi ini dengan semenarik mungkin. Dengan tetap menunjukkan bagaimana diri Anda.
b.      Nyanyikan lagu pilihan Anda. Dengan ketentuan sebagai berikut:
-          Anda wajib menyanyikan lagu tanpa iringan musik.
-          Anda juga bisa menambahkan penampilan dengan iringan musik.
·         Setelah itu, sign ini meTube. Lalu silahkan isi data diri Anda di formulir pendaftaran.
·         Jangan lupa cantumkan detail sosial media Anda di kolom deskripsi.
·         Selanjutnya, Anda bisa upload video dengan format:
OAIDOL2020 (spasi) Nama (spasi) Usia (spasi) Judul Lagu (spasi) Kota Domisili
2.      Daftar Melalui Facebook
·         Pertama, buka Akun Facebook Page Indonesian Idol
·         Lalu pilih menu Messenger
·         Setelah itu, akan muncul halaman pendaftaran. Klik tombol Mulai untuk Anda memulainya
·         Tunggu sebentar untuk mendapat petunjuk langkah-langkah registrasi
·         Jika sudah, ikutilah petunjuknya. Disini akan ditampilkan sebuah permintaan persetujuan. Di mana Anda menyetujui syarat dan ketentuan yang diberikan. Klik opsi setuju dapat melanjutkan tahap pendaftaran.
·         Berikutnya ikuti pendaftaran sesuai permintaan. Ini meliputi data identitas diri. Misal, nama lengkap sesuai NIK. Serta nama panggilan, nomor NIK dan lainnya. Isilah apa yang diminta secara lengkap dan jelas.
·         Setelah selesai, Anda akan diminta mengirim video. Dengan ketentuan video maksimal berukuran 25 MB. Berupa file atau link yang bisa diakses.

Tips Lolos Audisi Indonesian Idol


Saat mengikuti audisi pasti ada 2 kemungkinan. Antara lolos dan tidak lolos. Keduanya memiliki peluang sama besar. Untuk itu, Anda harus memberikan yang terbaik.
Meskipun audisi ini dilaksanakan secara online. Dan Anda hanya perlu mengirim video. Jangan kira ini mudah untuk dilakukan. Anda tetap harus menyiapkan diri untuk tampil pada rekaman video Anda.
Maka dari itu, sebelum Anda ikuti audisi Indonesian Idol 2020 secara online. Perhatikan dulu tips-tipsnya agar lolos berikut ini:

1.      Latihan

Sebagus apapun suara Anda, jangan lupa untuk latihan. Karena bagaimana pun juga, ini sangatlah penting. Agar suara Anda di video rekaman sempurna.
Maka dari itu, ada baiknya luangkan sedikit waktu. Gunakan untuk melatih vokal Anda lebih baik lagi. Latihan vokal ini sangat dianjurkan. Supaya Anda pun dapat dan mampu memetakan kemampuan yang dimiliki.
Pada saat latihan, belajarlah menyesuaikan kemampuan dan materi lagu. Misal dengan lirik dan nada. Maupun dengan penghayatan lagunya.
Untuk masalah tempat, Anda bebas memilih. Tidak harus di ruang khusus atau tempat pelatih vokal. Anda cukup berlatih di rumah saja. Seperti di kamar tidur atau bahkan kamar mandi. Atau di mana saja selama Anda nyaman.
Akan lebih baik lagi jika Anda punya mesin karaoke. Anda bisa berlatih dengan menggunakan alat ini. Sekadar tambahan, ajak seseorang untuk menemani Anda latihan. Mintalah ia menilai penampilan Anda saat latihan.
Dengan berlatih, Anda akan semakin siap. Anda pun juga dapat semakin percaya diri saat membuat videonya. Namun ingat, jangan terlalu banyak latihan.

2.      Jaga Suara

Audisi Indonesian Idol mencari seseorang dengan bakat bernyanyi. Jadi hal yang paling penting disini adalah suara. Suara memang menjadi aset paling berharga bagi penyanyi. Itu sebabnya, pastikan untuk menjaga suara Anda.
Setelah cukup latihan, jaga kondisi suara tetap baik. Caranya yaitu dengan selalu menjaga badan tetap fit. Dengan cukup istirahat dan jaga asupan makan. Batasi konsumsi makanan berminyak dan berlemak. Seperti gorengan, susu dan es.
Hindari juga berteriak terlalu kencang. Kecuali memang itu mendesak. Hal ini bertujuan untuk menjaga pita suara agar tidak terganggu.

3.      Pilih Lagu Yang Tepat

Tidak semua lagu akan cocok dengan warna suara Anda. Tidak semua genre juga akan enak untuk dinyanyikan. Oleh sebab itu, berhati-hatilah saat memilih lagu. Ketahui seberapa kemampuan bernyanyi Anda. Dan temukan genre serta lagu yang tepat untuk Anda nyanyikan.
Nah, karena ini lagu untuk audisi. Sebaiknya hindari lagu-lagu yang terlalu jadul. Atau yang sama sekali tidak Anda kuasai.
Ingat, hafal lirik lagu yang akan dibawakan dengan baik. Agar Anda tidak perlu mengulang membuat video. Atau melakukan kesalahan selama perekamannya.

4.      Jangan Panik

Saat merekam video, usahakan untuk tetap tenang dan rileks. Jangan panik atau gugup agar penampilan menarik. Sebab akan percuma bakat yang dimiliki bila Anda panik. Sehingga tidak maksimal saat menampilkannya.
Berusahalah bersikap tenang. Karena dari ketenangan itulah, bakat akan dapat maksimal Anda tunjukkan. Jadi sebelum mulai, tenangkan diri Anda dulu. Tarik napas dan cobalah untuk tenang. Atau lakukan hal lain agar tidak gugup.

5.      Be Yourself

Ketika membawakan lagu, kita seringkali tanpa sadar meniru penyanyi aslinya. Hal ini tidak boleh terjadi saat audisi. Tampilah apa adanya dengan menjadi diri sendiri. Selalu optimis dan yakin dengan kemampuan yang dimiliki.
Berusahalah menampilkan yang terbaik. Namun jangan pernah sekali-kali ingin meniru penyanyi lain. Akan lebih baik bila Anda punya ciri khas sendiri. Dengan begitu, dijamin Anda pasti akan lolos.
Jika Anda sudah yakin ingin ikut audisi, tunggu apa lagi? Segera ikuti audisi Indonesian Idol 2020 secara online. Kirim video Anda dan jadilah The Next Indonesian Idol.

Load comments