Pesona Pantai Sundak - InfoJogjakarta.com

Informasi Pariwisata dan Kuliner Kota Jogjakarta dan Sekitarnya

Latest Update
Fetching data...

Pesona Pantai Sundak



Pantai merupakan salah satu tempat wisata yang sangat diminati oleh masyarakat khalayak. Mulai dari anak-anak, remaja, dewasa sampai usia lanjut. Tatkala waktu liburan panjang tiba, tidak dapat dipungkiri banyak orang yang hilir-mudik mengunjunginya. Entah itu wisatawan domestik maupun mancanegara. Tidak tanggung-tanggung, sensasi alam dan segenap pesona yang memukau adalah jamuan hangat yang ditawarkan.

Tidak hanya sekadar bermain pasir di bibir pantai, berenang, snorkeling, maupun berolaharaga lainnya, melainkan bertamasya ke pantai juga dapat mempererat hubungan. Ikatan (kearaban) rasa bersama orang-orang tercinta, khususnya keluarga besar anda. Namun masalahnya, pernahkah anda berkunjung ke pantai Sundak?.

Salah satu pantai yang berada di Jawa Tengah. Atau mungkin anda baru pertama kali mendengar nama pantai ini?. Nah, apabila belum, nampaknya anda harus mengunjungi pantai ini diliburan berikutnya.

Pesona Pantai Sundak


Jangan pernah mengatakan diri sebagai pelancong akut, sebelum anda mengunjungi dan menikmati pesona pantai Sundak. Salah satu destinasi wisata pantai yang masih belum ramai dijamah pasang mata. Penasaran bukan? Seperti apa pikatan pesona yang ditawarakan pantai ini. Nah, sebelum rasa penasaran anda semakin menjadi-jadi.

Alangkah baiknya sebelum berkunjung ke sana, anda mengetahui terlebih dahulu beberapa informasi penting terkait pantai tersebut sebagai berikut.

1. Letak Pantai


Lokasi dari destinasi wisata pantai ini masih berdekatan dan sejalur dengaan pantai Indrayanti, Pok Tunggal dan Krakal. Lebih tepatnya yakni berada di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Jogjakarta. Letak destinasi wisata pantai yang sangat strategis.

2. Harga Tiket


Harga yang ditawarkan untuk masuk ke spot destinasi wisata ini sangat eksklusif dan ekonomis, yakni hanya merogoh kocek Rp. 10.000/orang. Lumayan murah bukan?. Setidaknya ini merupakan harga yang sangat bersahabat dengan kondisi dompet anda. Utamanya anda para pelancong bagpacker. Namun meskipun demikian, pantai ini juga dilengkapi dengan layanan fasilitas lain. Seperti halnya warung makan, kamar mandi (toilet), penginapan, tempat parkir dan lain sebagainya. Yang tentu tidak menutup kemungkinan aka nada tarif sewa yang diberlakukan.

3. Jam Operasi


Apabila anda bingung dengan tujuan wisata di saat weekend dan hari aktif, maka pantai Sundak adalah solusi yang tepat. Mengapa demikian? Sebab destinasi ini selalu buka setiap hari, mulai Senin-Minggu. Sementara untuk operasional tidak ada kurun waktu yang membatasi, alias nonstop 24 jam. Sehingga anda dapat berkunjung kapanpun.

4. Sejarah Asal-Usul


Istilah pantai Sundak sejatinya memiliki arti filosofis tersendiri. Dimana nama tersebut diambil dari kejadian berpuluh-puluh tahun yang lalu. Lebih tepatnya, sekitar tahun 1976. Hal itu bermula dari kejadian unik. Yang berawal dari rasa lapar seekor anjing yang sedang mencari mangsa di pinggir pantai. Beberapa saat kemudian memasuki gua yang di dalamnya terdapat seekor landak laut.

Nafsu lapar sang anjing telah menggerakan hasratnya untuk memangsa landak laut tersebut. Lantas perkelahianpun tidak dapat dihindarkan. Hingga akhirnya dimenangkan oleh sang anjing, yang kemudian memakan setengah tubuh sang landak.

Tidak lama setelah itu, sang pemilik mengetahui hal tersebut. Dari kejadian itu, terinspirasilah istilah ‘Sundak’. Gabungan singkatan dari asu (anjing) dan landak. Panggilan tersebut lama-kelamaan menggantikan istilah Wedibedah, nama resmi pantai tersebut

5. Pesona Pantai Sundak


Tidak berbeda jauh dengan pantai baru lain yang ada di Jogjakarta pada umumnya, destinasi wisata ini juga memiliki pesona yang memukau. Misalnya saja seperti gempuran ombak yang indah. Pesona senja mentari di ufuk barat. Dan desiran air yang jernih. Selain itu, pantai ini juga memiliki gua yang tingginya kurang lebih 12 m. Konon, tempat ini merupakan area perkelahian anjing dan landak laut yang menjadi sumber inspirasi nama pantai tersebut.


Destinasi wisata pantai Sundak ini sangat layak menjadi salah satu tempat rekomendasi untuk liburan anda bersama keluarga tercinta. Terlebih-lebih apabila anda menginginkan suasana alam yang masih asri. Kondisi pantai yang masih jarang terjamah hilir mudik wisatawan sangat cocok untuk kepuasan dan kenyamanan liburan panjang anda. Pesona pantai tiada dua ditawarkan di depan mata anda dan sangat layak untuk dicoba.
Load comments