Pantai Kukup Yang Memiliki Keindahan Mempesona - InfoJogjakarta.com

Informasi Pariwisata dan Kuliner Kota Jogjakarta dan Sekitarnya

Latest Update
Fetching data...

Pantai Kukup Yang Memiliki Keindahan Mempesona



Indonesia memang kaya akan destinasi wisata, mulai dari macam pegunungan, keindahan alam hingga deretan pantai yang berjejer begitu indahnya. Salah satu kabupaten yang memiliki sejuta keindahan pantai adalah kabupaten gunung kidul. Pantai saat ini belum banyak diketahui orang adalah pantai kukup, selain letaknyya terpencil juga jauh dari pusat kota Yogyakarta.

Namun jangan salah, keindahannya tidak terkalahkan, dan patut diacungi jempol. Putihnya pasir yang terhampar luas akan menambah keelokan dari pantai ini. Sekitar 100 meter dari bibir pantai, terdapat laut dangkal yang begitu tenang dan dapat digunakan sebagai arena berenang yang menyenangkan. Laut dangkal tersebut diberi batas oleh adanya gundukan terumbu karang yang terletak diujung pantai.


Lokasi Dan Harga Tiket Masuk Pantai Kukup



Pantai ini berlokasi di desa kemadang dalam kecamatan Tanjungsari, di kabupaten Gunung Kidul. Estimasi yang dibutuhkan dari pusat kota Yogyakarta adalah sekitar 5 jam perjalanan dengan kendaraan pribadi. Selain itu diperkirakan sekitar 1 KM dari objek wisata pantai Baron. Sehingga diperlukan waktu yang panjang untuk mencapai pantai ini, namun dengan sajian keindahan tentu sangat mengesankan dan lelah terbayarkan karenanya.


Sekali mendayung dua pulau terlampaui, itulah kata sapaan yang dapat digunakan untuk pantai ini. Sebab sekali anda masuk dapat merasakan beberapa pantai lainnya yang berada disekitar pantai ini. Pasalnya anda hanya perlu membayar Rp.10.000 sebagai retribusi tiket masuk, bahkan sudah termasuk membayar retribusi pantai lainnya. Dan untuk anak dibawah 5 tahun tidak dibebankan biaya alias gratis.


5 Keunikan Pantai Kukup Yang Wajib Dikunjungi



Sesuai dengan perjuangan yang anda lakukan untuk mencapai ini, kelelahan anda terbayarkan dengan sajian keindahan serta keunikan yang dimilikinya. Oleh sebab itu, mari simak ulasan berikut ini:


1. Spot Poto Terbaik



Cocok sekali sebagai anda yang hobi berfoto ria dengan selfi maupun hobi mengambil gambar. Pasalnya pantai kukup merupakan salah satu lokasi terbaik yang cocok untuk dijadikan background. Ciri khas yang dimilikinya tentu tidak dimiliki oleh pantai-pantai lain, bisa dibilang pantai ini cukup unik dibandingkan dengan pantai lain pada umumnya. Hamparan pasir putih sepanjang pantai memberikan sajian lembut terhadap pemandangan indah, juga adanya perbukitan yang berjejer disekitar pantai. Sangat indah bukan? dijadikan sebagai spot poto terbaik yang instagramable.


2. Terumbu Karang



Selain digunkan sebagai spot poto terbaik, pantai ini juga memiliki beragam keindahan terumbu karang yang memiliki luas sekitar 100 meter dari pesisir pantai. Wisatawan akan dimanjakan dengan adanya terumbu karang tersebut pada saat air laut surut, lengkap dengan adanya biota laut semacam ikan berwarna warni, ada pula landak laut, kemudian bintang laut dan jenis biota laut lainnya. Hal yang perlu diperhatikan saat berjalan diatas terumbu karang, anda perlu hati-hati, sebab licin dan terdapat karang yang tajam.


3. Beragam Ikan Hias



Jika anda berkunjung ke pantai kukup, jangan heran jika banyak penjual ikan hias yang berderet disekitar pantai maupun pintu masuk. Sebab disini terkenal begitu banyak jenis ikan hias. Jika sekedar melihat saja pun demikian hal tersebut dibolehkan. Namun apabila anda menginginkan untuk membawanya serta pulang anda dapat memilih dengan harga yang bervariasi tergantung jenis ikan apa yang anda pilih. Namun anda juga bisa mencari sendiri disekitar bibir pantai saat air laut tengah surut.


4. Ombak Yang Bersahabat



Selain beberapa hal diatas anda juga bisa hanya sekedar berbasah-basahan ditepi pantai atau bermain pasir putih. Tidak perlu khawatir sebab ombak disini cukup bersahabat, hal ini dikarenakan adanya lantai karang yang menjorok ke dalam pantai. Sehingga ombak yang berhembus tidaklah ganas seperti pantai besar lainnya. Selain itu anda juga dapat melakukan aktifitas renang bareng bersama teman, mengingat ombak yang bersahabat, sehingga aman karenanya.


5. Pulau Karang



Cirikhas utama dari pantai ini adalah adanya pulau karang yang terletak disisi timur. Masyarakat sekitar menyebutnya dengan istilah Pulau Jumino, biasanya pulau karang ini menjadi idaman wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Digunakan sebagai spot poto dengan pemandangan yang indah di pantai tersebut.


Wah rasanya ingin segera merasakan sajian keindahan pantai kukup ini, ayo segera agendakan bersama keluarga dan rekan anda.Tentu perjalanan anda semakin menyenangkan bersama rombongan, alhasil liburan anda semakin menarik dan seru.
Load comments