Daya Tarik Pantai Depok Jogjakarta - InfoJogjakarta.com

Informasi Pariwisata dan Kuliner Kota Jogjakarta dan Sekitarnya

Latest Update
Fetching data...

Daya Tarik Pantai Depok Jogjakarta



Pantai Depok yang berlokasi di Jogjakarta memang sangat terkenal akan tempat wisatanya. Bukan hanya itu, kuliner di sana pun menjadi daya tarik tersendiri. Jika anda mengunjungi ke sana, pasti akan menjumpai warung makan yang menyajikan makanan makanan olahan sea food. Seluruh rumah makan yang buka di bagian selatan pantai juga memudahkan pengunjung menikmati pemandangan sambil menikmati hidangan yang di sajikan.


DayaTarik Pantai Depok


Lokasi pentai ini tepatnya berada di daerah Bantul. Di pantai ini tersedia juga kawasan waterpark,  tempat taman wisata Pasir Putih Depok yang menjadi obyek terkenal oleh wisatawan. Pantai ini juga memiliki beberapa jenis gumuk pasir.


Diantaranya yaitu berchan dune, come dune, dan longitudinal dune. Namun saat ini hanya menyisakan dua gumukan saja yaitu come dan longitudinal dune. Pengunjung memiliki alasan tersendiri untuk mengunjungi pantai tersebut. Berikut ini yang menjadi daya tarik khas dari wisata Bantul :


1. Sejarah Awal Pantainya


Pantai Depok memiliki sejarah awal yang sangat menarik dan menjadi alasan pengunjung untuk berwisata ke tempat ini. Berawal dari kerajaan Majapahit yang mengalami kehancuran yang membuat prajurinya melarikan diri. Kemudian mereka mendirikan suatu perguruan yang di beri nama Depok. Kemudian tempat itu di kelola oleh keturunan mereka yang bernama Aris Baya. Tak lama setelah itu, wilayahnya mengalami perebutan. Akibatnya tempat itu terbagi menjadi dua bagian 24 ruah depok dan 25 ruah grogol. Dan akhirnya terciptalah nama pantai tersebut.


2. Keindahan Pantai Depok


Setiap mereka yang akan berkunjung ke pantai, satu hal utama yang di cari adalah keindahannya. Disini sangat tersaji pemandangan yang sangat mempesona, selain itu kuliner yang terdapat di sini sangat bervariasi.


Anda dapat menikmati hidangan yang lezat dan nikmat. Jika anda sampai di lokasi, akan langsung menjumpai warung makan yang menawarkan macam menu khas Jogja. Tersedia juga macam menu olahan laut tangkapan nelayan sekitar baik yang di bakar maupun rebus.


Semua olahan bahan makanan dijamin berasal dari ikan yang masih segar. Anda bisa memilih jenis ikan yang akan dinikmati ketika menyantap makanan. Angin laut yang bertiup sepoi-sepoi juga menambahkan kesan sejuk dan menyegarkan.


3. Ikan Segar Yang Di Jual


Di sini sangat terkenal dengan tangkapan ikan segarnya. Para pedagang yang ramah menjual ikan tersebu dengan harga murah. Bahkan harga ikan ikan tersebut akan jauh dari yang dijual di pasar. Pemerintah Bantul merancang tempat itu menjadi wisata kuliner agar nantinya memiliki ciri khas yang menjadi daya tarik pengunjung.


Biasanya mereka lebih suka membeli ikan cengklang yang dibandrol dengan harga Rp 8.000 per kilogram. Satu kilogram ikan ini bisa berisi hingga 6 ekor. Jenis ikan pilihan lainnya adalah kakap putih dan kakap merah, harganya sekitar Rp 15.000 per kilogramnya.


4. Landasan Pacu


Di dekat pantai yang berjarak sekitar 500 meter, terdapat landasan pacu yang jarang sekali digunakan. Bisanya mereka yang beerkunjung ke sini memanfaatkannya sebagai tempat berfoto. Pemandangan sunset juga bisa dinikmati jika berkunjung pada sore hari. Karena pemandangannya itu sehingga banyak sekali yang mengunggah foto ke media sosial


5. Penginapan Dekat Pantai


Jika anda ingin menginap di dekat pantai Depok, banyak sekali tempat seperti hotel maupun penginapan lainnya. Penginapan di sana menawarkan banyak sekali fasilitas dan harga. Kalau anda datang secara rombongan, biasanya warga disini akan menawarkan home stay dengan harga yang sangat murah sekitar Rp 100.000 per malam.


Alamat pantai ini berada di Jalan Raya Pasir Putih, daerah Parang Tritis. Sangat mudah di akses dengan kendaraan pribadi maupun umum. Dari kota Jogja anda memerlukan waktu sekitar 25 menit untuk sampai tujuan dengan jarak 30 km. Melalui jalan Mataram Jogja kemudian mengarah ke Jalan Mayor Suryotomo.


Lanjutkan perjalanan menuju Jalan Brigadir Katomso belok ke kiri. Sesampainya di parangtritis ambil arah kanan untuk sampai di pantai tersebut. Di perjalanan nanti anda diwajibkan untuk membayar retribusi masuk. Untuk harga terbaru tahun 2018, setiap orang di wajibkan membayar Rp 5.000 yang pastinya sangat murah. Dengan begitu anda bisa menikmatu suasana pantai seperti pasir putuhnya, deburan ombak, maupun pemandangan yang ada di sana.
Load comments