Pantai Pulang Sawal, Pantai Indah Gunung Kidul Yang Wajib Dikunjungi - InfoJogjakarta.com

Informasi Pariwisata dan Kuliner Kota Jogjakarta dan Sekitarnya

Latest Update
Fetching data...

Pantai Pulang Sawal, Pantai Indah Gunung Kidul Yang Wajib Dikunjungi


Siapa yang tidak kenal dengan Daerah Istimewa Yogyakarta atau disingkat sebagai DIY ini. Selain terkenal karena sejarahnya juga terkenal dengan kawasan wisatanya. Tidak hanya wisata buatan namun juga wisata alamnya. Salah satunya adalah wisata pantai Jogjakarta yang selalu memukau wisatawan.

Wisatawan selalu terpukau dengan wisata pantai yang semakin lama semakin banyak. Pantai Pulang Sawal merupakan salah satu pantai andalan Jogjakarta yang patut anda kunjungi. Namun jangan salah, pantai ini memang lebih populer dikenal dengan nama Pantai Indrayanti. Anda mau menyebut dengan pantai mana sama saja, karena keindahan pantai ini tidak tergantikan.
Pantai Pulang Sawal, Pantai Indah Gunung Kidul Yang Wajib Dikunjungi

Berbicara masalah pantai tentunya anda wajib mengunjungi pantai ini. Pantai yang memang banyak mendapat kunjungan sepanjang tahun ini terhitung masih baru. Baru saja dibuka untuk umum dan masih asri tidak hanya dalam segi fasilitas namun juga keindahannya. Keindahan ini bisa anda eksplorasi secara maksimal ketika datang ke pantai ini.

Tidak hanya berupa keindahan asli pantainya, namun juga keramahan dan kebersihan warga sekitar menjadi saya tarik. Banyak daya tarik yang bisa anda temukan di pantai ini. Berikut beberapa ulasan mengenai pantai ini:

Pantai Bersih Tanpa Sampah


Hal menarik yang bisa anda temui di pantai ini adalah pantainya bersih dari sampah. Masyarakat memiliki kesadaran yang tinggi karena tidak membuang sampah sembarangan. Bahkan dibuat aturan denda apabila terlihat ada pengunjung yang membuang sampah sembarangan. Dendanya sebesar Rp. 10.000 per sampah yang anda buang, jadi anda jangan membuang sampah disini ya. Bisa habis uang kalian hanya untuk membayar sampah, bukan untuk liburan.
Pasir Putih Yang Luas

Salah satu keindahan pantai ini adalah hamparan pasir putihnya yang luas. Anda bisa menikmati keindahan pasir putihnya jika datang ke pantai ini. Aktivitas yang bisa and lakukan di atas pasir putih yang luas antara lain bermain pasir. Bisa juga anda menulis nama seseorang yang mungkin anda kasihi. Berfoto di atas pasir putih akan menambah keindahan pantai ini di dalam bingkai foto. Jangan lewatkan berfoto di hamparan pasir putih yang luas milik pantai ini sebelum pulang.

Terumbu Karang Yang Masih Asri


Karena terhitung sebagai pantai baru maka anda bisa menemukan terumbu karang yang masih asri. Terumbu karangnya masih bagus dan indah karena belum terjamah manusia. Apabila anda datang kemari maka anda tidak boleh membuatnya rusak. Menjaga terumbu karang adalah tanggung jawab kita bersama. Pengelola dan pengunjung harus bekerja sama demi keindahan pantai. Kelak jika memang terumbu karang semakin bagus maka bisa digunakan untuk kegiatan penyelaman.

Jet Sky


Uniknya selain berupa wisata asli pengelola wisata membuat wahana wisata buatan lainnya yakni jet sky. Anda yang menyukai olahraga air bisa berkunjung kemari agar bisa merasakan jet sky milik pantai ini. Keseruan melakukan jet sky di pantai yang masih biru airnya akan semakin mengasyikkan. Rasanya anda akan merasakan sensasi yang sangat menarik dan pengalaman tak terlupakan. Jangan biarkan anda melewatkan olahraga air yang sangat seru ini. Patut anda mencoba wahana wisata ini.

Lokasi Pantai


Untuk mencapai pantai ini dari kota Jogjakarta anda akan menempuh perjalanan sekitar 2 jam lamanya. Kurang lebih dari kota jaraknya 70 kilometer sehingga pantas jika ditempuh selama 2 jam. Letaknya berada di Desa Sidoharjo yang masuk kawasan Kecamatan Tepus. Kabupatennya masuk dalam kawasan Gunung Kidul. Pantai yang bersebelahan dengan pantai ini adalah Pantai Sundak. Untuk mencapai kawasan ini anda bisa menggunakan kendaraan pribadi. Namun apabila anda menggunakan kendaraan umum maka silahkan naik bus jurusan Jogja ke Wonosari. Baru setelah itu anda bisa naik ojek untuk menuju kawasan wisata ini.

Tiket Masuk


Untuk masuk ke kawasan pantai ini anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Cukup mengeluarkan uang sebesar Rp. 10.000 untuk satu orang pengunjung. Tarif parkir yang dikenakan untuk motor sekitar Rp. 2000. Sedangkan untuk mobil Rp. 4000 hingga Rp. 5000. Banyak fasilitas lain yang bisa anda temukan termasuk penginapan juga tempat makan. Siapkan budget lebih untuk fasilitas tambahan lainnya.

Pantai Pulang sawal memang merupakan pantai dengan banyak keindahannya. Anda hanya perlu melakukan persiapan budget sebelum datang kemari. Meskipun tiket masuknya murah, apabila anda memerlukan fasilitas lainnya budget bertambah. Selamat menikmati liburan !
Load comments