Pohon Duras Ciri Khas Pantai Pok Tunggal - InfoJogjakarta.com

Informasi Pariwisata dan Kuliner Kota Jogjakarta dan Sekitarnya

Latest Update
Fetching data...

Pohon Duras Ciri Khas Pantai Pok Tunggal


Pantai-pantai yang tersebar di Gunung Kidul Jogjakarta selalu menyuguhkan keindahan yang berbeda. Setiap pantainya selalu memiliki keunikan tersendiri yang tidak dimiliki oleh pantai lainnya. Anda sebagai pengunjung pastinya harus memilih salah satu pantai unik ini.

Pilihan anda bisa jatuh pada Pantai Pok Tunggal. Keunikan pantai ini terletak pada kenampakan alam yang ada disana. Untuk menikmatinya anda pun tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak. Keindahan Pantai Pok Tunggal bisa anda nikmati secara maksimal dan tidak akan anda lewatkan sedikitpun. Pastinya keindahan semacam ini hanya akan bisa anda nikmati disini saja.

Pohon Duras Ciri Khas Pantai Pok Tunggal


Sebagai pantai yang terbilang baru di Jogjakarta maka anda harus mengetahui dulu tentang pantai ini. Pantai ini merupakan pantai dengan ciri khas sebuah pohon yang hidup kokoh selama bertahun-tahun. Wisatawan bisa menikmati keindahan lainnya tidak hanya berupa pohon ini. Penasaran dengan pantai ini bukan? Silahkan anda berkunjung ke pantai ini untuk menikmati keindahannya secara pribadi. Berikut ulasan mengenai pantai ini:

Kebersihan Pantai


Kebersihan pantai merupakan kemenarikan tersendiri dari pantai ini. Pantai ini memang terkenal bersih karena dikelola dengan baik oleh masyarakat. Masyarakat yang mengelola secara pribadi masalah pantai ini. Bahkan tidak segan-segan pengelola memberikan denda untuk wisatawan yang membuang sampah sembarangan. Sembarangannya anda membuang sampah bisa dikenakan denda sebesar Rp. 10.000 per sampah. Kalau dikalikan berapa sampah yang anda buang bisa banyak sekali.

Pohon Duras


Penamaan pantai ini tidak lepas dari adanya sebuah pohon duras yang tumbuh di pantai ini. Pohon duras yang sering disebut sebagai pokok duras yang hanya satu pohon menjadi asal usul pantai ini. Pok singkatan dari pokok atau pohon, tunggal maksudnya hanya satu pohon saja yang tumbuh. Karena itulah masyarakat sangat menjaga kehidupan pohon ini. Anda sebagai wisatawan yang berkunjung kemari tidak boleh merusak pohon ini. Wisatawan harus ikut menjaga kehidupa pohon ini saat berkunjung kesana.

Bukit Tinggi


Selain adanya pohon duras ada juga bukit yang bisa anda gunakan sebagai tempat menikmati pemandangan. Pemandangan yang bagus bisa anda nikmati melalui bukit ini. Ketinggian bukit memang tidak terlalu tinggi. Namun untuk memastikan bahwa keindahan pantai tidak anda lewatkan maka anda harus naik di bukit ini. Untuk naik ke bukit anda tidak akan dikenakan biaya tambahan jadi anda bisa naik kapan saja. Pastikan anda mengabadikan moment ketika anda berada di atas bukit. Pemandangannya sangat bagus sekali untuk background foto.

Pasir Putih Pantai


Sama dengan pantai lainnya yang selalu berpasir pantai ini juga berpasir. Pasir yang ada di pantai ini merupakan pantai pasir putih. Putihnya pasir pantai membuat anda akan nyaman melakukan perjalanan wisata di pantai ini. Bisa dipastikan bahwa pasir pantai ini akan membuat anda semakin tenang. Bersihnya pasir pantai yang memang berwarna putih akan membuat anda sangat nyaman. Anda bisa menulis nama orang tersayang anda untuk mengenang moment saat anda berkunjung kemari.

Rute Ke Pantai


Jarak pantai ini dari pusat kota kira-kira 70 kilometer. Apabila naik kendaraan pribadi maka anda membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam. Jika anda naik kendaraan umum maka sebaiknya anda naik bus jurusan Wonosari. Baru dari situ anda akan lebih dekat untuk menuju kawasan pantai ini. Kedekatan antara jarak pantai ini dengan pantai lainnya hanya memakan waktu 15 menit. Jadi anda tidak perlu lagi membutuhkan kendaraan ekstra, jika kuat anda bisa berjalan kaki.

Fasilitas dan Biaya


Banyak fasilitas yang ditawarkan oleh pantai ini kepada pengunjung. Pengunjung bisa menikmati berbagai fasilitas di bawah ini sesuai dengan harga yang ada. Tidak ada biaya masuk ke pantai ini yang ada biaya retribusi kendaraan. Untuk parkir kendaraan dikenakan biaya Rp. 3000 hingga Rp. 15.000 tergantung kendaraan yang anda bawa. Penyewaan payung pantai dikenai Rp. 20.000, begitu juga tenda dikenakan Rp. 60.000. Namun jika anda hendak melakukan camping maka dikenakan biaya Rp. 5000 hingga Rp. 10.000. Kalau ingin makan sekitar Rp. 7000 hingga Rp. 20.000. Toilet juga dikenakan biaya Rp. 2000 hingga Rp. 3000.

Pantai Pok Tunggal memang merupakan pantai yang bagus untuk dikunjungi. Anda apabila melakukan kunjungan kemari harus membawa budget lebih. Siapa tahu anda ingin membeli sesuatu yang lain. Mungkin juga oleh-oleh untuk keluarga anda bisa anda beli juga di pantai ini.
Load comments