Daya Pikat Pantai Wediombo Yang Mempesona - InfoJogjakarta.com

Informasi Pariwisata dan Kuliner Kota Jogjakarta dan Sekitarnya

Latest Update
Fetching data...

Daya Pikat Pantai Wediombo Yang Mempesona



Salah satu destinasi wisata yang digandrungi tatkala waktu liburan panjang tiba ialah pantai. Spot yang menawarkan senasi alam terbuka. Dan hamparan pesona yang tak terhingga. Mengapa demikian? Sebab di pantai ada banyak hal yang dapat anda nikmati. Seperti halnya hamparan laut biru, deburan ombak, melakukan permainan sekaligus olahraga air hingga menyaksikan keindahan spesies ikan beserta biota dan ekosistem laut.

Sebut saja pantai Wediombo misalnya. Salah satu pantai yang sangat rekomendasi untuk liburan keluarga anda. Destinasi wisata baru Jogjakarta yang sesegera mungkin harus anda coba. Khususnya bagi anda yang merasa bosan dengan tempat wisata yang itu-itu mulu, bertamasya ke destinasi ini adalah solusi tepat untuk mengisi waktu libur panjang pasca lebaran. Penasaran bukan? Simak terus artikel ini sampai akhir.

Daya Pikat Pantai Wediombo


Tidak dapat dipungkiri setiap destinasi wisata pantai akan memiliki sisi kelebihan yang ditonjolkan. Entah itu berupa fasilitasnya yang tersedia, lokasinya yang strategis, akses jalannya yang enak untuk dilalui, tarifnya yang murah dan berbagai daya tarik tersendiri yang terkesan menarik dan unik. Begitu halnya dengan pantai yang terkategorikan baru. Kondisinya  yang masih asri dan alamiah adalah penawaran spesial bagi pemburu wisata akut seperti anda. Adapun beberapa hal penting terkait pantai Wediombo yang harus anda ketahui ialah akan dipaparkan sebagai berikut.

1.     Sejarah Asal Usul


Layaknya terjadi pada tempat wisata pada umumnya, pantai ini juga memiliki sejarah panggilan filosofis. Wediombo sendiri merupakan bahasa jawa.  Wedi berarti pasir dan ombo memiliki makna luas. Sesuai dengan namanya tersebut, pantai ini ternyata memiliki hamparan pasir putih yang luas sekaligus bersih. Istilah wediombo sendiri merupakan nama pemberian dari nenek moyang setempat. Namun, meskipun demikian, masyarakat lokal berasumsi bahwa nama tersebut tidaklah relevan. Justru nama yang tepat untuk pantai ini ialah teluk ombo. Hal ini disesuaikan dengan keadaan gepgrafis dari pantai yang memproyeksikan diri sebagai teluk yang lebar. Delum lagi disokong dengan adanya batu karang yang menghimpit, serta kondisi air laut yang lebih menjorok kepermukaan daratan lebih luas. Akan tetapi, nama pantai wediombo tetap telah dipatenkan.

2.     Lokasi


Untuk berkunjung ke destinasi wisata pantai ini anda tidak akan membutuhkan waktu yang lama. Sebab lokasinya berada di kawasan serangkaian pantai-pantai yang baru booming. Lebih tepatnya, terletak di desa Jepitu, Kecamatan Giri Subo, Kabupaten Gunung Kidul. Kurang lebih berjarak tempuh sekitar  25 km  menuju arah selatan kota Wonosari. Lokasi yang berdekatan dengan pantai Siung.

3.     Akses


Rute untuk sampai di pantai Wediombo, berdekatan dengan jalur menuju pantai Siung. Lebih tepatnya, apabila anda menemukan jalan pertigaan sebelum ke pantai Siung, maka ambillah arah kanan. Selanjutnya anda hanya cukup mengikuti papan petunjuk yang mengarah ke lokasi distenasi pantai yang dimaksud. Yang terpenting adalah kesiapan kaki anda untuk menuruni puluhan anak tangga.

4.     Harga Tarif


Untuk menikmati pesona yang dimiliki oleh pantai ini, anda cukup mengeluarkan budget tiket masuk seharga Rp. 5.000,-/orang.  Ini merupakan harga terupdate untuk kunjungan wisata di tahun 2018. Namun, meskipun demikian alangkah baiknya anda juga mempersiapkan uang lebih untuk menikmati fasilitas lain.

5.     Jam Operasi


Pantai ini buka setiap hari. Mulai hari aktif sampai dengan weekend. Selain itu tidak ada pula batas waktu kunjungan yang diberlakukan. Sehingga menerima kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara secara tangan terbuka.

6.     Fasilitas


Terdapat beberapa fasilitas yang mendukung kenyamanan liburan anda di pantai ini. Di antaranya saja seperti tempat parkir, warung makan yang menjual varian menu khusus khas pantai Wediombo. Serta tidak ketinggalan, tersedia pula tempat jasa sewa alat pancing untuk melengkapi kesan liburan anda.

7.     Keindahan Pantai Wediombo


Di pantai ini terdapat banyak spot yang ditawarkan. Mulai dari hempasan laut biru dan pasir putih masih murni terjaga yang menjadi ikon, sampai dengan sensasi memancing ikan di atas bukit karang.  Selain itu, panorama pantai Wediombo lainnya ialah adanya tradisi upacara Ngalangi yang diselenggarakan secara momentual. Apabila beruntung, anda dapat menyaksikan prosesi yang menarik tersebut.


Itulah beberapa informasi penting mengenai daya tarik pantai Wediombo yang layak menjadi bahan pertimbangan anda untuk liburan berikutnya.  
Load comments