Keunikan Pantai Ngobaran Yang Layak Dikunjungi - InfoJogjakarta.com

Informasi Pariwisata dan Kuliner Kota Jogjakarta dan Sekitarnya

Latest Update
Fetching data...

Keunikan Pantai Ngobaran Yang Layak Dikunjungi



Perlu anda ketahui bahwasanya Yogyakarta merupakan kota pelajar, baik dari TK, SD, hingga perkuliahan. Sehingga yogyakara seringkali dijadikan sebagai rujukan bagi pendatang dari luar kota. Namun, perlu anda ketahui bahwasanya selain itu Yogyakarta juga disebut sebagai kota wisata yang populer di Indonesia. Kota wisata tersebut mulai dari wisata kuliner, pemandangan alam, hingga deratan pantai yang menarik tersedia didalamnya.

Kabupaten Gunung Kidul dijadikan sebagai primadona Yogyakarta, karena kekayaan pantai yang dimilinya. Pantai ngobaran menjadi salah satu pantai yang wajib didatangi, sebab keindahan dan keunikan yang dimilikinya. Sehingga perlu nih dijadikan salah satu daftar wisata untuk dikunjungi.

Keunikan Pantai Ngobaran Yang Layak Dikunjungi


Keunikan yang dimilikinya tentu memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung. Yuk simak ulasan berikut ini:

1. Adanya Pura


Keunikan utama yang dapat anda pahami dari pantai ini adalah adanya keberagaman budaya yang tertera disini. Adanya nuansa hindu, budha serta jawa sangatlaah kental terasanya. . Sekitar tahun 2003 prasasti semacam gapura serta patung-patung dewa dalam agama hindu dan budha telah didirikan. Hal tersebut  sebagai tujuan untuk memperingati adanya kehadiran dari keturunan Raja Brawijaya V di pantai ini.

Kemudian adanya prasasti tersebut telah diresmikan pada tahun 2004 tanggal 17 Agustus. Pada bagian kiri prasasti anda akan menemui sebuah rumah joglo yang digunakan sebgai tempat ibadah dalam aliran kejawen. Aliran ini merujuk kepada putra Raja Brawijaya V, didepan joglo tersebut anda juga akan menemukan sebuah kotak yang kini disebut dengan Pura Segara Wukir. Pura tersebut dahulu dipercaya sebagai tempat Raja dalam ritual pembakaran diri.

2. Adanya Masjid


Selain terdapat pura, sebagai bukti bahwa disini memang terdapat keberagaman budaya. Dibuktikan dengan adanya masjid yang berdiri didepan pura Segawa Wukir dengan ukuran 3x4 meter. Masjid ini bisa dikatakan cukup unik, sebab bangunannya yang menghadap ke selatan bukan ke barat. Namun masyarakat sekitar telah paham dan memberikan petunjuk arah kiblat yang sebenarnya bagi pengunjung yang hendak beribadah. Meskipun terdapat beberapa agama yang menjadi kepercayaan, namun keadaan pantai ngobaran tetap memberikan kesan yang harmonis antar penduduk. Sehingga jika anda berkunjung ke pantai ini akan mendapatkan pengalaman yang luar biasa.

3. Santapan Landak Laut


Jika anda adalah orang yang hobi berwisata kuliner tentu paham betul dengan makanan laut bercitarasa lezat dalam taraf internasional. Landak laut adalah salah satunya, anda bisa mendapatkannya disini dengan harga miring dengan kelezatan yang luar biasa. Dalam koki kelas dunia anda harus menyiapkan kocek yang agak dalam. Namun dalam pantai ini tidak perlu mahal, sebab cukup dengan uang Rp.10.000 dalam setiap porsi anda sudah bisa merasakan kelezatannya.

4. Berburu Ikan Laut


Biota laut yang terdapat di pantai ngobaran telah menjadi penopang hidup masyarakat sekitar. Pasalnya saat air laut surut masyarakat berbondong-bondong mencari rumput laut yang kemudian dijual ke pasar maupun tengkulak. Jika anda tertarik, bisa langsung membelinya kepada mereka. Dalam keadaan sore hari masyarakat berburu biota laut lainnya seperti lobster, bintang laut,kerang, dan jenis biota lainnya. Nah anda juga bisa ikut berperan didalamnya, dapat dijadikan sebagai oleh-oleh maupun santapan lezat di pantai.

5. Spot Poto Menarik


Desain pantai ini memang menyajikan keindahan yang luar biasa, dengan dikelilingi tebing yang menjulang ditambah pula suara deburan ombak begitu kencang. Alhasil dapat menghasilkan sebuah pemandangan yang menarik dan tidak boleh dilewatkan. Momen tersebut yang dijadikan oleh wisatawan sebagai alasan untuk berkunjung dan mengambil spot poto terbaik. Atau sedikit naik ke atas karang untuk mendapatkan pemandangan yang lebih eksotis, tapi perlu hati hati ya, sebab adapula karang yang licin dan tajam.

Yuk segera agendakan bersama keluarga maupun rekan anda, untuk segera berkunjung ke pantai ini. Akan lebih baik jika menggunakan kendaraan pribadi, sebab kendaraan umum belum ditemui dalam perjalanan menuju pantai ngobaran. Perjalanan yang anda butuhkan dengan kendaraan pribadi sekitar 2 jam perjalanan dari pusat kota Yogyakarta, anda juga tak perlu khawatir sebab penunjuk jalan telah banyak berjejer disana. Selain itu anda hanya perlu menyiapkan uang sejumlah Rp.3000,- untuk masuk ke pantai tersebut. Agar liburan anda semakin menyenangkan, jangan lupa mengagendakan bersama keluarga dan rekan secara rombongan. Dijamin liburan anda semakin seru dan asyik.
Load comments