Pantai Indrayanti Pujaan Hati Para Pengunjungnya



Daerah istimewa Yogyakarta (DIY) tidak hanya terkenal akan hak otonom kesultanannya. Melainkan, populer juga dengan hamparan destinasi wisata yang membius setiap kerlingan mata. Mulai dari tempat bersejarah seperti monumen Jogja kembali (Monjali), museum sampai situs-situs artepak yang menjadi saksi bisu berwujud candi. Sebut saja, nama Borobudur dan Prambanan yang tak pernah sepi oleh kunjungan wisatwan lokal maupun mancanegara. Ternyata tidak hanya demikian.


Di Yogyakarta ataupun orang-orang sering menyebutnya Jogjakarta, banyak pula pantai-pantai baru yang belum terjajah jutaan mata. Sebut saja, salah satunya pantai Indrayanti. Destinasi wisata baru yang sangat memikat hati dan mempesona. Spot menarik yang sangat rekomendasi untuk liburan keluarga tercinta. Penasaran bukan? Alangkah baiknya anda membaca tulisan ini sampai akhir. 

Pantai Indaryanti Pujaan Hati


Apabila anda merasa bosan dengan tempat wisata yang melulu dikunjungi. Wahana ini merupakan pilihan tepat untuk refreshing anda. Untuk mengobati rasa penasaran yang meluap-luap, alangkah baiknya anda terlebih dahulu mengetahui informasi penting mengenai pantai indrayanti sebagai berikut:

1.   Lokasi


Informasi penting yang harus anda ketahui pertama, ialah seputar lokasi pantai. Terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Kabupaten Gunung Kidul, Kecamatan Tepus, Desa Sidoharjo, Dusun Ngasem, lebih tepatnya di jalan Pantai Selatan Jawa. Jalur wisata yang berdekatan dengan destinasi wisata lain, yakni pantai Pok Tunggal, pantai Sundak dan pantai Krakal. Lokasi strategis untuk liburan panjang anda.

2.   Akses Jalan


Lokasi strategis tersebut didukung dengan jarak tempuh yang relatif tidak memakan waktu banyak, yakni hanya 66 km.  Dimana anda hanya membutuhkan waktu 2 jam untuk sampai lokasi, dari pusat kota. Jalurnya berkelok-kelok dan naik-turun. Namun tak perlu khawatir, kondisi jalannya mulus, sehingga tidak mengganggu perjalanan kendaraan yang anda bawa. Namun tepat saja, berhati-berhati lebih baik untuk keselamatan. Lebih jelas, terdapat 2 rute untuk sampai spot ini, yakni:

a.  Rute pertama, anda dapat melalui jalan wonosari (ringroad Timur). Lebih tepatnya yakni arah piyungan- Patuk – Wonosari – Karang rejek – Hargosari – Tepus. Selanjutnya, ikuti terus pentunjuk arah pantai Indrayanti

b. Rute yang kedua, anda dapat melalui Imogiri – Siluk – Panggang – Saptosari – Trowono – Baron.  Kurang lebih 10 km ke arah Timur untuk sampai diwisata pantai.

3.   Asal-Usul Istilah Indrayanti


Istilah indrayanti sejatinya terinspirasi dari sebuah cafe dan restoran yang berada didekat pantai tersebut. Yang merupakan gabungan dua nama pemilik usaha, yakni bapak Indra dan Ibu Yanti. Sementara nama resminya ialah pantai Pulang Sawal/Syawal. Nama panggilan yang diberlakukan oleh pemerintah setempat untuk nama pantai tersebut.

4.    Pantai Indrayanti Pujaan Hati


Kejernihan air, gelombang ombak yang besar dan pasir putih yang terhampar luas merupakan ciri khas dari destinasi wisata ini. Selain itu, tatkala senja menyapa, anda juga dapat menikmati sunset yang memikat hati. Di kiri pantai, terdapat tebing yang harus anda taklukan. Sesampainya di atas tebing, panorama landscape pantai adalah jamuan hangat teruntuk anda. Dengan demikian tidak heran lagi, apabila 12 negara berusaha mempromosikan pantai ini sebagai tempat liburan mancanegara.

5.       Pengelolaan


Kebersihan dan terawat adalah salah satu hal yang sangat diutamakan didestinasi wisata ini. Tidak tanggung-tanggung dalam menyikapi urusan sampah. Bahkan dikenakan tarif Rp. 10.000,-bagi wisatawan yang diketahui membuang sampah sembarangan. Salah satu tindakan yang diproyeksikan efektif dalam menjaga kebersihan dan kenyamanan area wisata pantai.

6.   Fasilitas Layanan


Di pantai ini juga sudah tersedia beberapa fasilitas yang dapat anda nikmati. Mulai dari cafe yang menyodorkan menu khas pantai. Tempat makan dengan varian menu. Deretan gazeboo yang terdapat di pinggir pantai. Toilet dan kamar mandi. Sampai dengan tempat jasa sewa jetsky untuk melengkapi liburan anda.

7.   Rangkaian Harga


Budget yang anda keluarkan untuk masuk spot pantai Indrayanti relatif ekonomis, yakni cukup membayar Rp. 10.000,-. Apabila ingin menikmati pesona pinggir pantai, anda dapat menyewa payung dengan harga Rp. 20.000,-. Sewa gazeboo merogoh kocek Rp. 30.000,-. Untuk memakai  kamar mandi dan toilet sebesar Rp. 2000 s/d Rp. 5000,-. Sementara untuk bermain jetsky akan dikenakan tarif sebesar Rp. 250.000,-/15 menit.

8.   Penginapan


Apabila anda hendak bermalam di pantai Indrayanti, tersedia pula beberapa fasilitas penginapan. Di antaranya ialah seperti Griya Pesisir, Rock Garden Homestay, Walet Gues House, Bamboo Lengkung Cottage, Cemara Udang dan penginapan Jolowatukelir. Semuanya, sudah barang tentu dengan varian harga, fasilitas dan layanan yang berbeda-beda.


Demikianlah informasi penting yang harus anda ketahui sebelum belibur ke pantai Indrayanti pujaan hati.


Artikel Terkait

Berbagi informasi bisnis dan peluang usaha untuk Anda. Kontak kami utk informasi selengkapnya

Artikel terbaru