Wisata Pantai Siung Yang Mempesona



Tentu anda mengetahui bahwa dikawasan gunung kidul merupakan kawasan yang kaya akan pantai berjejer dengan banyaknya. Salah satu pantai yang dapat dijadikan sebagai daftar untuk liburan anda adalah pantai siung yang terletak di gunungkidul dalam kecamatan Tepus, didesa purwodadi, kabupaten gunung kidul. Letaknya cukup jauh dari pusat kota jogja, pasalnya anda harus menempuh perjalanan selama 3 jam atau sekitar 80 kilometer, itupun menggunakan kendaraan pribadi. Memang untuk menempuh keindahan yang menakjubkan, perlu usaha yang sedikit lebih. Memang letaknya yang agak terpencil dan agak jauh dari kota, namun keindahan alam ini sungguh mengagumkan. Tentu perjuangan anda akan terbayarkan dengan keindahan yang memukau.


Berapa Harga Tiket Masuk Pantai Siung?


Sebenarnya berapa sih harga tiket masuknya? Nah anda tidak perlu khawatir, sebab harga tiket yang ditetapkan untuk masuk ke pantai ini cukup mengesankan. Secara akumulasi anda hanya pelru menyiapkan dana sejumlah Rp.10.000, dengan rincian Rp.3000 setiap orang, untuk parkir motor sejumlah Rp.2000. Sedangkan untuk parkir mobil sejumlah Rp.5000-, Namun jika anda hendak melakukan panjat tebing dapat mengikutinya dengan biaya tambahan yang juga terjangkau.


5 Hal Menarik Dari Pantai Siung Yang Perlu Diketahui


Nah apa saja sebenarnya hal-hal menarik dari pantai suing yang perlu diketahui, yuk pahami ulasan berikut ini:


1. Asal Usul Pantai Siung


Konon cerita dari pantai ini bermula dari masyarakat sekitar pantai memberikan nama dari sebuah batuan karang yang berbentuk gigi taring monyet. Dalam bahasa jawa lebih familiar disebut dengan suing monyet, oleh sebab itulah pantai ini dinamakan pantai suing. Selain itu di disini bahkan seringkali monyet yang berekor panjang turun ke bawah untuk meminta makanan.


2. Keindahan Alam


Meskipun terletak didaerah yang terpencil namun pantai ini memiliki keindahan yang menakjubkan. Selain pantai yang bersih dengan putihnya pasir pantai, juga sangat cocok dimasukkan kedalam salah satu daftar liburan anda. Disana anda dapat melakukan beberapa aktivitas biasa hingga aktivvitas menantang lainnya, tentu hal ini sangat diharapkan oleh wisatawan yang hadir disini.


3. Aktivitas (Panjat Tebing, batuan karang) Kemah


Pantai suing memang memiliki cirikhas tersendiri yakni adanya batuan karang yang berbentuk suing, sehingga batu karang tersebut berdiri kokoh tinggi menjulang. Pasalnya oleh pengelola wisata digunakan sebagai salah satu kegiatan menantang adrenalin bagi siapa saja yang menginginkannya. Terlebih jika anda adalah salah satu diantara sekian banyak orang yang memiliki nyali dalam melakukan panjat tebing, tentu akan memiliki kebahagiaan tersendiri. Bahkan tidak hanya itu, disini anda dapat menemukan berbagai macam spot panjat tebing sebanyak 250 spot. Dari jumlah tersebut memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda, oleh sebab itu pantai ini mendapatkan penghargaan “sebagai tempat panjat tebing terbaik di Yogyakarta”.

Tidak hanya itu aktivitas lain yang dapat anda lakukan dengan berkemah dipinggir pantai atau anda juga dapat berkemah diatas batu karang tersebut. Apabila saat berkemah dimalam hari dan cuaca bersahabat anda dapat melihat indahnya gemerlap bintang dengan gemeruhnya suara ombak yang bergulung. Tidak ada syarat khusus untuk pendirian tenda, hanya saja anda perlu mematuhi peraturan seperti tidak mengotori tempat camp dan tidak merusak jenis biota laut lainnya.


4. Rumah Panggung


Hal menarik lain yang dimiliki oleh pantai suing adalah adanya rumah panggung. Hal ini disediakan jika anda melakukan liburan dengan rombongan keluarga ataupun rekan kerja yang hendak bermalam menikmati keindahan pantai. Rumah ini rata-rata dapat menampung 10 hingga 15 orang, sehingga sangat cocok digunakan untuk kumpul alumni maupun agenda rapat lainnya.


5. Fasilitas


Pantai ini telah dilengkapi dengan fasilitas standar seperti toilet dan mushola yang disediakan untuk wisawatan. Selain itu terdapat pula lokasi parkir yang luas serta warung makan yang menyajikan jajanan khas Yogyakarta. Meskipun belum terdapat hotel, namun jika hendak bermalam disini anda boleh menggunakan rumah panggung sebagai tempat menginap.

Liburan akan semakin menyenangkan jika dapat menentukan waktu dan kondisi yang fit, tentu perlu diagendakan terlebih dahulu dengan keuarga maupun rekan. Alhasil liburan anda semakin menyenangkan dan seru, nah pantai suing ini sangat recommended dimasukkan dalam daftar liburan anda. Dengan berbagai hal menarik tersebut, dijamin anda bakal kerasan berlibur dan menikmati segarnya angin pantai disini.


Artikel Terkait

Berbagi informasi bisnis dan peluang usaha untuk Anda. Kontak kami utk informasi selengkapnya

Artikel terbaru