Indahnya Pantai Krakal



Seolah-olah tidak pernah habis destinasi wisata yang berada di Jogjakarta. Sebut saja pantai Parang Teritis yang terkenal di telinga para wisatawan misalnya. Salah satu pantai yang telah mendunia. Namun, tahukah anda, bahwa di Jogjakarta sekarang telah hadir beberapa pantai baru yang memikat hati dan menebar pesona. Salah satu di antaranya ialah pantai Krakal.   


Destinasi wisata indah yang masih banyak menyimpan rahasia belum terkuak oleh pasang mata. Spot persembunyian ikan hias yang kaya warna. Dan dilengkapi dengan banyak biota dan ekosistem laut. Tempat wisata yang sangat menarik bukan?. Persoalan berikutnya, pernahkah anda mengunjunginya?. Apabila belum. Nampaknya anda harus menggendakan kunjungan ke pantai itu untuk liburan selanjutnya.

 

Indahnya Pantai Krakal

Memang akan banyak ditemukan pantai baru di Jogjakarta, tetapi nampaknya anda harus terlebih dahulu menginjakan kaki di pantai Krakal. Ini disebabkan ada banyak hal yang layak untuk dipertimbangkan. Adapun beberapa informasi penting terkait indahnya destinasi pantai tersebut ialah akan disampaikan di bawah ini.

 

1.     Lokasi

Informasi pertama yang harus anda ketahui, ialah terkait letak dimana destinasi wisata ini berada. Terletak di desa Ngestiharjo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Jogjakarta, Jawa Tengah. Masih berdekatan dengan lokasi beberapa pantai baru yang masih jarang dijamah wisatwan.

 

2.     Akses

Untuk sampai di destinasi wisata ini, anda cukup menempuh jarak kurang lebih 6 km dari arah pantai Kukup. Namun apabila anda memulai perjalanan dari arah Jogjakarta, jarak tempuh yang harus dilalui ialah sekitar 65 km. Yang akan menghabiskan waktu kurang lebih selama 3 jam. Semenetara jika anda memulai perjalanan dari arah Wonosari, jarak tempuh yang harus dilalui ialah berkisar 21 km. Tempatnya yang strategis, setidaknya dalam satu kali rute akses dapat mengunjungi banyak destinasi wisata pantai yang lokasinya berdekatan. Sedangkan jalan khas yang harus anda lalui merupakan perbukitan kapur yang diselingi dengan bentangan teras batu karang.

 

3.     Harga Tiket

Tarif yang dibutuhkan untuk membeli tiket masuk ke area pantai Krakal sangat terjangkau, yakni sekitar Rp. 10.000,-/orang. Ini merupakan harga paket kunjungan wisata 8 pantai terupdate, di tahun 2018. Dengan membeli tiket ini berarti anda dapat merasakan pesona delapan pantai sekaligus. Mulai dari pantai Kukup, Baron, Drini, Sepanjang, Sundak, Indrayanti, Pok Tunggal dan yang terakhir Krakal. Harga yang lumayan ekonomis untuk menghemat isi dompet anda. Tarif ini belum termasuk faslitas layanan lain yang mendukung kenyamanan dan kepuasaan liburan anda.

 

4.     Fasilitas

Ada banyak fasilitas yang tersedia di pantai ini. Mulai dari tempat makan yang menyediakan varian menu khas. Kamar mandi (toilet). Tempat parkir yang membawa kendaraan pribadi. Gazeboo untuk bersantai. Ada pula penginapan, bagi pengunjung yang hendak menikmati sensasi bermalam di sekitar pantai. Termasuk tersedianya layanan jasa sewa fasilitas lainnya. Sedangkan tatkala waktu libur menjelang, terdapat persembahan spesial seperti sejumlah tampilan hiburan maupun atraksi wisata yang berpusat dipanggung terbuka.

 

5.     Asal-Usul

Nama Krakal merujuk pada proses panjang pembentukan secara alamiah. Ada keyakinan, bahwa awalnya pantai ini terletak di dasar laut dalam. Namun akibat adanya proses pergerakan lempeng patahan, terjadilah pengangkatan kerak bumi ke permukaan, hingga menjadi daratan. Lama-kelamaan munculah pantai yang bernuansa unik. Hal itu ditandai dengan bertebarannya batu karang sebagai tempat tinggalnya biota dan ekosistem laut di daratan pantai.  

 

6.     Indahnya Pantai Krakal

Letak keindahan pantai Krakal terdapat dibanyak sisi. Di antaranya ialah kehadiran varian spesies ikan hias yang suka bergerombol dalam waktu tertentu. Misalnya saja seperti jenis butterflyfish, damselfish, ikan tiger, Pogat, Bestum dan lain sebagainya. Ditambah lagi dengan tumbuhnya lumut di musim kemarau. Keindahan itu akan disempurnakan dengan aktivitas snorkeling. Selain itu, keunikan yang membuat indah pantai ini ialah batu karang yang bertebaran di setiap sudut dataran pantai. Hadirnya gazeboo di antara dua batu karang hitam yang menjulang tinggi, menjadi tempat strategis para wisatwan untuk menikmati indahnya pantai.

Demikianlah beberapa informasi penting terkait pantai Krakal yang harus anda ketahui. Setidaknya ini mampu menjadi referensi anda, sebelum berkunjung ke sana. 

Artikel Terkait

Berbagi informasi bisnis dan peluang usaha untuk Anda. Kontak kami utk informasi selengkapnya

Artikel terbaru