Deretan 5 Gudeg Paling Favourit Di Jogjakarta Yang Hits Dari Dulu Hingga Sekarang

Menu khas dari setiap daerah wisata pasti menjadi incaran para traveller. Tidak terkecuali Jogjakarta yang terkenal dengan gudegnya. Bagi Anda yang sedang merencanakan liburan ke Jogjakarta jangan sampai melewatkan kesempatan berburu gudeg karena belum ke Jogja jika belum menyantap kuliner khas kota ini. Berikut ulasan 5 gudeg paling favourit di Jogjakarta yang wajib Anda coba.


1. Gudeg Yu Djum

Pusat gudeg legendaris Jogja yang berdiri sejak 60 tahun lalu setia menemani konsumennya dengan jam operasional 06.00-22.00. Gudeg Yu Djum cocok bagi Anda yang berlibur bersama keluarga karena tersedia porsi kecil dan besar. Menu gudeg yang di tawarkan meliputi nasi putih, gudeg, sambal kecrek serta lauk yang dapat Anda pilih sendiri. Masalah harga juga tidak perlu khawatir menguras kantong karena harga dipatok mulai dari Rp.15.000,00 menyesuaikan lauk yang Anda sukai. Kini tersedia kemasan besek dan kendil bagi Anda yang ingin membawa gudeg Yu Djum sebagai oleh-oleh. Dijamin awet dengan ketahanan 24 jam tanpa dihangatkan.

Karena kualitas rasa yang sudah tidak diragukan lagi, setiap waktu pelanggan selalu bertambah. Untuk mencukupi permintaan yang semakin meningkat gudeg Yu Djum membuka cabang di berbagai wilayah di Jogja. Berikut ini alamat cabang gudeg Yu Djum yang dapat Anda sambangi. Jl. Kaliurang Km 4,5 Yogyakarta / Wijilan No.167 Yogyakarta / Jl. Kaliurang Km. 5 Kocoran Gg. Sri Katon 2 / Jl. Laksda Adisucipto Km. 9 No. 6A Jogja / Jl. Dagen No. 2C, Malioboro / Jl. AM Angaji No.93 Monjali / Jl. Wates Km 12 Kalakan, Bantul

2. Gudeg Mercon Bu Tinah

Bagi penggila pedas biasanya kuliner gudeg ini tidak terlalu dilirik. Namun, bukan Jogja jika tidak menyuguhkan beraneka selera masyarakat. Gudeg Mercon Bu Tinah akan menjadi alternatif kuliner bagi Anda penyuka makanan pedas. Sensasi pedas tentu saja berasal dari gudeg itu sendiri ditambah dengan mercon ditengah oseng tempe dan krecek. Lauknya pun beranekaragam mulai dari gorengan, telur, sate dan ayam. Berbeda dari warung gudeg biasanya, jam operasional Bu Tinah buka malam hingga dini hari dengan kisaran harga mulai dari Rp tergantung lauk yang Anda pilih. Jika Anda penyuka pedas dan merasakan perut keroncongan pada malam hari langsung saja datangi tenda gudeg mercon Bu Tinah di perempatan Jl Asem Gedhe, Kranggan, Jogja.

3. Gudeg Mbarek Bu Ahmad

Gudeg yang memiliki julukan gudegnya para artis (mempunyai banyak pelanggan dari kalangan artis ibukota) berlokasi di samping selokan Mataram atau sebelah utara Fakultas Kehutanan UGM. Jenis gudeg yang disajikan di sini merupakan kategori gudeg kering dengan khas rasa manisnya. Kualitas rasa yang tetap terjaga hingga kini menjadikan para pelanggan tetap setia gudeg Mbarek ini menjuluki gudeg Mbarek Bu Ahmad menjadi salah satu dari 5 gudeg paling favourit di Jogjakarta.

4. Gudeg Pawon

Dari sebutannya saja sudah menarik bukan? Ya, pawon adalah istilah dalam bahasa jawa yang berarti dapur. Inilah keunikan gudeg ini dari warung lainnya karena gudeg disajikan langsung dari dapur si pembuat. Soal cita rasa dari gudeg ini tidak perlu dipertanyakan lagi perpaduan rasa manis yang pas serta tekstur daging ayamnya yang lembut tidak hanya diminati oleh masyarakat Jogja, namun juga luar Jogja. Bagi Anda yang berminat mencicipi gudeg ini, sangat disarankan untuk datang ke Jalan Prof DR Soepomo, Janturan, Umbulharjo, Yogyakarta lebih awal (jauh sebelum jam buka 22.30 WIB). Lokasi warung gudeg ini selayaknya sebuah rumah (dapur) yang berada di tengah perkampungan.

5. Gudeg Permata Bu Pujo

Salah satu warung lesehan yang terletak di samping bioskop permata atau tepatnya di Jalan Gajah Mada yang menyediakan menu gudeg sejak tahun 1951. Warung lesehan ini merupakan tempat langganan penikmat kuliner setelah keluar dari menonton bioskop. Citarasa yang sudah tidak diragukan lagi merupakan hasil resep turun temurun yang tetap dapat dijaga kualitasnya dari beberapa generasi. Perpaduan gudeg berkuah gurih dengan sambel krecek yang pedas menambah selera makan menjadi meningkat. Untuk menikmati rasa khas dari gudeg ini datanglah ke lokasi pada jam operasional yaitu pada pukul 21.00 hingga dini hari.

Itulah tadi ulasan tentang 5 gudeg paling favourit di Jogjakarta yang bisa infojogjakarta.com bagikan. Semoga bermanfaat ya.

Artikel Terkait

Berbagi informasi bisnis dan peluang usaha untuk Anda. Kontak kami utk informasi selengkapnya