Menyusuri Indahnya Destinasi Wisata Sejarah Paling Terkenal di Jogjakarta

Jogjakarta merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki nilai budaya dan historis yang sangat kaya. Peradaban maju di sana juga telah dimulai ribuan tahun lalu melalui beberapa kerajaan yang pernah bertahta di wilayah Jogjakarta. Oleh karena itu, tak mengherankan lagi bahwa peninggalan-peninggalan sejarah yang sangat indah banyak ditemukan di Jogjakarta. Selain menjadi tempat rekreasi, peninggalan sejarah tersebut juga dapat digunakan sebagai wahana edukasi bagi seluruh lapisan masyarakat, baik anak usia sekolah, mahasiswa, maupun orang dewasa. Sebenarnya Jogjakarta memiliki ratusan destinasi wisata sejarah. Dan berikut ini adalah beberapa destinasi wisata sejarah paling terkenal di Jogjakarta.


1. Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan candi Hindu tercantik di dunia. Obyek wisata candi tersebut dibangun pada masa pemerintahan Rakai Pikatan dan Rakai Balitung.  candi yang dihiasi relief indah ini menggambarkan hubungan manusia dengan Tuhan alam semesta. Relief tersebut secara umum mengisahkan cerita Ramayana. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati suguhan Sendratari Ramayana yang diselenggarakan hampir setiap hari.

2. Candi Plaosan

Candi Plaosan merupakan  salah satu candi Budha yang terletak di kawasan Prambanan. Obyek wisata candi tersebut terbagi menjadi 2, yaitu Plaosan Lor dan Plaosan Kidul. Candi Plaosan Lor menggambarkan seorang wanita. Sedangkan Candi Plaosan Kidul menggambarkan seorang laki-laki. Di kawasan candi ini juga masih terdapat tempat persembahyangan agama Buddha yang masih digunakan hingga saat ini. Tempat persembahyangan tersebut ialah sebuah altar dan Pohon Bodhi.

3. Candi Sewu

Obyek wisata Candi Sewu ialah candi Buddha terbesar kedua di Indonesia setelah Candi Prambanan. Candi ini masih terletak di kawasan Prambanan yang membentang antara Gunung Merapi hingga Pegunungan Sewu. Candi ini memiliki sebuah candi utama, 8 candi pengapit, dan ratusan candi pewarta. Di sini pengunjung juga dapat menikmati film pendek yang berisi informasi mengenai kawasan Prambanan yang sering dijuluki "Lembah Para Dewa" ini.

4. Keraton Ratu Boko

Destinasi wisata sejarah paling terkenal di Jogjakarta yang tak kalah indah adalah Keraton Ratu Boko atau sering disebut Candi Ratu Boko. Sebenarnya peninggalan sejarah tersebut berupa candi seperti candi-candi pada umumnya. Namun demikian, pembagian wilayah bangunan candi yang luas menyerupai susunan sebuah keraton yang telah ditinggalkan. Selain itu, di kawasan ini pengunjung juga dapat menikmati nuansa matahari terbenam (sunset) yang sangat menawan. Ditambah lagi dengan pemandangan pegunungan yang sangat asri menambah kemegahan Keraton Ratu Boko ini.

5. Candi Sambisari

Candi Sambisari merupakan salah satu situs wisata sejarah paling unik di Jogjakarta. Bila pada umumnya bangunan Candi berada di tanah lapang yang luas atau di puncak bukit. Candi Sambisari justru ditemukan tertimbun tanah. Hingga saat ini masih bisa dilihat pula bekas-bekas penggalian dan rekonstruksi candi tersebut. Candi yang dikelilingi dinding dengan ukuran sekitar 50 m x 48 m ini memiliki sebuah candi induk yang berdiri megah di tengah cekungan bekas penggalian. Selain itu, pengunjung juga dapat mengunjungi pusat informasi Candi Sambisari. Di sana pengunjung dapat mengetahui lebih detail mengenai konstruksi candi, proses penggalian, relief-relief candi, serta proses rekonstruksi candi setelah ditemukan.

6. Candi Ijo

Belum keluar dari kawasan Candi Prambanan, Candi Ijo merupakan salah satu candi yang terletak di atas bukit. Mungkin bagi sebagian orang menafsirkan candi tersebut sebagian besar berwarna hijau. Namun, hal tersebut tidaklah benar. Nama Candi Ijo berasal dari nama bukit tempat candi tersebut berdiri yaitu Bukit Gumuk Ijo. Candi tersebut dihiasi dengan relief mulut raksasa yang berbadan naga. Selain itu, kondisi geografis di sekitar Candi Ijo yang merupakan pegunungan membuat pemandangan di kawasan tersebut sangat direkomendasikan untuk dikunjungi.

Dari uraian di atas, sudah tidak diragukan lagi bahwa wisata sejarah di Jogjakarta sangat indah dan menarik untuk dikunjungi. Berbagai objek tersebut juga memiliki keistimewaan tersendiri. Di sana pengunjung tidak hanya bisa berekreasi, namun juga bisa sebagai wahana belajar yang menyenangkan bagi semua kalangan. Keistimewaan-keistimewaan itulah yang membuat destinasi wisata sejarah tersebut menjadi destinasi wisata sejarah paling terkenal di Jogjakarta.

Artikel Terkait

Berbagi informasi bisnis dan peluang usaha untuk Anda. Kontak kami utk informasi selengkapnya