Inilah Daftar 5 Kuliner Kuno Yang Paling Diburu Di Jogjakarta

Jogjakarta, siapa yang tak kenal dengan kota ini. Kota seribu wisata yang bertebaran di mana-mana. Selain kota yang terkenal dengan wisatanya, Jogjakarta juga terkenal dengan kota kulinernya. Terutama gudeg jogja yang senantiasa di cari-cari oleh setiap pengunjung yang mengunjungi kota tersebut. Namun perlu kamu tahu, bahwa bukan hanya gudeg jogja saja yang paling di buru-buru oleh para wisatawan. Terdapat juga 5 kuliner kuno yang paling diburu di Jogjakarta. Rasanya tak lengkap jika kamu berkunjung ke Jogjakarta tanpa mencicipi 5 makanan kuno tersebut.



Banyak sekali macam-macam kuliner khas Jogjakarta. Dari mulai cemilan, sampai makanan berat tersedia  di kota gudeg ini. Namun ada beberapa macam makanan saja yang paling di cari oleh para wisatawan yang pernah singgah di  Jogjakarta. Entah itu di bawa pulang untuk oleh-oleh atau hanya sekedar di santap di tempat sebagai pengganjal perut. Berikut daftar 5 kuliner kuno yang paling diburu di Jogjakarta.

1. Gudeg Jogja

Makanan yang satu ini sudah tak asing lagi di telinga manca negara. Wisatawan yang datang ke jogja pasti senantiasa mencari kuliner kuno yang satu ini.  Gudeg jogja yang sudah mendunia dengan cita rasa indonesianya. Jika kamu mau berlibur atau sedang ingin pergi melancong ke jogja, jangan lupa mencicipi gudeg jogja. Penjual gudeg memanglah banyak tersebar seantero kota jogja. Namun ada satu tempat penjual gudeg jogja yang terkenal dengan rasa enaknya dan porsinya yang sangat banyak. Yakni gudegnya yu djum masalah harga, kamu jangan khawatir gudeg yu djum ini tidak merogoh kocek yang terlalu dalam. Gudeg Jogja menduduki posisi teratas 5 kuliner kuno yang paling diburu di Jogjakarta.

2. Mie Lethek Mbah Mendes

Mungkin kamu penasaran dengan mie yang satu ini. Mie lethek terdiri dari dua kata yakni mie dan lethek atau letek. Lethek atau letek sendiri berarti kotor. Namun bukan mienya yang kotor melainkan warnanya yang hitam pekat menggambarkan mie tersebut terlihat kotor. Varian rasa dari mie ini sangat beragam. Ada yang di rebus, goreng, maupun di campur dengan nasi goreng. Olahan makanan ini kaya akan rempah-rempah sepertibawang putih, kemiri, merica, dan garam. Mie ini semakin lezat jika di tambah dengan suwir daging ayam jago kampung. Kamu bisa menikmati mie lethek ini di warung mie lethek Mbah Mendes di Jalan Margo Utomo no. 22, Gowongan, Jetis. Warung Mbah Mendes ini cukup populer di Jogjakarta.

3. Bakmie Mbah Mo

Salah satu dari 5 kuliner kuno yang paling diburu di Jogjakarta adalah bakmie Mbah Mo. Jika kamu pencinta bakmie, tak ada salahnya mencoba bakmie yang terkenal di Jogjakarta yakni bakmie Mbah Mo. Bakmie ini merupakan bakmie jawa yang merupakan makanan khas di Jawa Tengah dan Jogja. Bakmie ini di masak dengan  sederhana di atas anglo dengan bumbu rempah-rempah yang kuat yang di sajikan bersama suwiran daging ayam kampung serta telur. Jika kamu penasaran dengan bakmie ini kamu bisa mengunjungi bakmie Mbah Mo di desa Code, Trirenggo, Bantul.

4. Ingkung Mbah Kentol

Ingkung Mbah Kentol ini merupakan makanan berupa ayam kampung utuh yang diikat dan dimasukkan ke dalam anyaman bambu, setelah itu kemudian di masak dengan bumbu rempah-rempah yang khas. Katanya, cara memasak seperti ini mengandung filosofi tersendiri, yakni memupuk rasa persatuan dan saling membantu antar warga satu sama lain.

5. Sego Abang Lombok Ijo Mbah Widji

Daftar 5 kuliner kuno yang paling diburu di Jogjakarta yang terakhir adalah Sego Abang Lombok Ijo Mbah Widji. Makanan ini cocok untuk kamu yang sedang menjalankan program diet. Karena sego abang atau nasi merah ini sangat cocok untuk kamu yang menjalankan program diet. Sego abang ini di sajikan dengan beragam menu yang menggiurkan lidah. Ada ayam goreng, empal sapi, tahu dan tempe bacem, sayur pepaya, serta sambal lombok ijo. Jadi kamu yang sedang menjalankan program diet tak usah khawatir mengisi perutmu. Program diet tetap jalan perut pun kenyang dengan makanan yang bergizi. Tak usah lagi takut gendut ataupun mengganggu program dietmu.

Artikel Terkait

Berbagi informasi bisnis dan peluang usaha untuk Anda. Kontak kami utk informasi selengkapnya