Ingin Oleh-Oleh Khas Jogja? Inilah 5 Bakpia Paling Terkenal Di Jogjakarta



Setelah menjelajahi kota Jogja, tak lengkap rasanya jika kita tidak membawa oleh-oleh khas Jogja. Yaitu Bakpia Jogja. Kue pia berbentuk bulat pipih ini ternyata sudah dikenal sejak tahun 1930-an. Dimana menurut sejarah, kue bakpia ini merupakan makanan hasil akulturasi kebudayaan tionghoa dan Jawa. Pada awalnya, bakpia hanya diproduksi dengan isi kacang hijau saja.

Namun, para pengrajin bakpia mulai menemukan inovasi baru.  Yaitu memproduksi bakpia dengan beragam isi dan varian rasa. Tak hanya itu, Bakpia juga memiliki berbagai jenis seperti bakpia kering, basah, isian premium dan modern. Di kota Jogja, ada banyak sekali produk Bakpia dengan berbagai Rasa. Namun, ada 5 bakpia paling terkenal di Jogjakarta yang juga paling diminati oleh wisatawan. Baik mulai dari kelezatan, tekstur, dan pilihan rasa yang lebih unggul dari yang lain.



Ketatnya persaingan produk bakpia di Jogjakarta memang tidak diragukan lagi. Tapi, yang pasti kita harus bisa memilih mana bakpia yang sudah terkenal dan sedang hits di kalangan wisatawan. Karena berarti bakpia tersebut sudah tidak diragukan lagi kualitas dan kelezatannya. Oleh karena itulah, sangat penting kita mencari referensi seputar 5 bakpia yang paling terkenal di Jogjakarta. Berikut penjelasannya :

1. Bakpia Kurnia Sari

Bakpia Kurnia Sari merupakan bakpia yang tergolong dalam 5 bakpia paling terkenal di Jogjakarta. Walaupun masih dibilang baru, tapi bakpia yang satu ini mampu bersaing bahkan berhasil menguasai pasar. Kualitas dan kelezatannya memang menjadi keunggulan utama. Namun, ada kelebihan lain yang tidak dimiliki oleh bakpia pada umumnya. Yaitu dari tekstur yang berbeda dan rasa yang bervariasi. Tapi, dari sekian banyak rasa yang ditawarkan, rasa keju adalah rasa yang paling favorit. Dan satu lagi, bakpia kurnia sari tidak mengandung bahan pengawet. Sehingga bisa bertahan lebih lama.

2. Bakpia Patuk 75

Salah satu bakpia di Jogja yang dikatakan paling legendaris ialah bakpia patuk 75. Bakpia yang satu ini sudah ada sejak tahun 1948 oleh Yungyen. Yang membuat bakpia ini banyak dicari oleh wisatawan adalah dari rasa tradisional yang tidak pernah berubah hingga sekarang. Selain itu, Bakpia patuk 75 juga mampu bertahan lama hingga 2 minggu untuk bakpia basah. Dan 1 minggu untuk bakpia kering. Tidak hanya memiliki mempertahankan rasa tradisional, Bakpia ini juga mulai berinovasi. Yaitu dengan menciptakan berbagai rasa baru seperti cokelat, cappucino, buah dan lainnya. Bakpia Patuk 75 juga telah terjamin kehalalannya dengan sertifikat MUI.

3. Bakpia Merlino

Bakpia Merlino hampir sama dengan Bakpia Kurnia Sari. Yakni sebagai pendatang baru tapi sudah masuk dalam 5 bakpia paling terkenal di Jogjakarta. Ukuran Bakpia ini lebih kecil dari bakpia pada umumnya. Dan memiliki tekstur yang lebih lembut. Tak hanya itu, Bakpia Merlino juga menawarkan berbagai varian isi yang meliputi ubi ungu, cokelat, susu, durian dan lainnya. Adapun untuk rasa, Bakpia Merlino memiliki dua rasa favorit yaitu cappucino dan green tea. Jika kita berminat, kita bisa datang langsung ke lokasi yang berada di pusat kota. Tepatnya 2,1 km dari Malioboro.

4. Bakpia Pathok 25

Bakpia pathok 25 merupakan pelopor bisnis bakpia patuk 75. Pada mulanya bakpia ini merupakan bisnis keluarga Bapak Arlen Sanjaya yang berkembang hingga sekarang. Uniknya, saat kita berkunjung ke lokasi Bakpia Pathok 25, selain membeli bakpia kita juga bisa melihat langsung cara pembuatannya. Prosesnya menggunakan metode tradisional yang masih sangat sederhana. Meskipun demikian, bakpia ini juga menghadirkan beragam rasa yang meliputi nanas, kacang hijau, keju dan rasa lainnya. Kita bisa datang ke lokasi pusatnya yang berada di dekat Malioboro. Tepatnya di Jalan AIP II KS Tubun NG I/504.

5. Bakpia Citra Premium

Bakpia yang satu ini berbeda dengan bakpia yang lain dalam segi penyajiannya. Kita bisa mendapatkan berbagai bakpia aneka rasa dalam satu kotak. Harganya pun sangat terjangkau. Yakni kisaran 45.000 rupiah saja. Tak hanya itu, bakpia citra premium juga memiliki ukuran yang jauh lebih besar. Sehingga sangat sesuai dengan namanya yaitu bakpia premium. Jika kita berminat, kita bisa langsung datang ke lokasi yang berada di Jalan Mataram dekat Malioboro.

Artikel Terkait

Berbagi informasi bisnis dan peluang usaha untuk Anda. Kontak kami utk informasi selengkapnya