Obyek Wisata Yang Harusnya Dikunjungi Di Dalam Kota Jogjakarta

Jika Anda kepikiran mau habiskan waktu libur di Yogyakarta, panduan wisata di jogja ini bakal bantu Anda dalam mempersiapkan atau merencanakan segalanya terkait wisata di tempat tersebut.

Jogja, selain tersohor dengan sebutan kota pelajar, juga terkenal dengan kota wisata. Banyak masyarakat dari luar kota bedatangan di kawasan ini.

Tentu saja tidak hanya sekedar untuk menimba ilmu di beberapa perguruan tinggi saja, namun ada juga yang berkunjung untuk liburan.

Liburan di Jogja tentu sangat mengasikkan. Karena tempat wisata yang ada di dalamnya terbilang lengkap.

Mulai dari wisata alam, wisata budaya, wisata air, sampai wisata belanja dan kuliner tersaji di kawasan tersebut.

Tak heran kalau banyak masyarakat luar jogja yang mengagendakan untuk berkunjung. Terutama ketika musim liburan tiba.

Buat yang baru pertama ingin berkunjung ke jogja dengan niatan berwisata, panduan wisata di jogja ini akan sangat membantu.

Di sini, kami akan tunjukkan pada Anda tentang beberapa obyek wisata yang ada di dalam kota yang tak kalah kerennya, kemudian bagaimana cara menuju kawasan, sampai dimana Anda akan tinggal selama di kawasan tersebut.

Untuk lebih lengkapnya, mari kami ajak Anda untuk menengok terlebih dahulu ulasannya sebagai referensi untuk membantu dalam memudahkan pembuatan rencana di bawah ini!

Obyek Wisata Dalam Kota

Sebenarnya, ada puluhan obyek wisata yang ada di Jogjakarta. Tentunya ga akan bisa dijangkau semuanya dalam sehari.
Puluhan obyek wisata ini tersebar di bagian dalam kota, kemudian di bagian-bagian sudut kota Yogyakarta itu sendiri.

Untuk memudahkan Anda, kami hanya mengajak Anda untuk mengenal beberapa obyek wisata yang ada di dalam kota saja.
Ga usah khawatir, karena obyek wisata dalam kota jogja sendiri tak kalah keren. Bahkan ramai juga oleh kunjungan wisatawan. Mau tahu tempat mana yang bisa Anda kunjungi?

Jogja Bay Pirates Adventure Park

Jogja bay ini merupakan nama dari sebuah obyek wisata di Jogja. Obyek wisata ini adalah wahana air tercanggih, bahkan terlengkap di Indonesia.

Luasnya sekitar 7,7 hektar dan sudah diresmikan. Letaknya berada di utara stadion Maguwoharjo.
Bentuk bangunannya cukup menarik, mirip seperti kapal bajak laut. Dan banyak wahana air yang sungguh menarik. Cocok kalau dijadikan sebagai tempat liburan buat keluarga.

Wahana yang paling terkenal dan paling diminati adalah how to survive tsunami and earthquake. Ini adalah wahana yang ga hanya sebatas bermain adrenalin, tapi juga wahana untuk pembelajaran ketika terjadi bencana tsunami dan gempa bumi.

Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat

Satu tempat yang tak kalah populer untuk dikunjungi adalah keraton ngayogyakarta hadiningrat.

Ini adalah keraton milik kasultanan yang mana akan menyajikan sebuah gambaran kerajaan masa lampau yang masih berdiri.

Buat Anda yang pengen kenal secara langsung bagian dari keraton, tentu bukan pilihan yang keliru kalau hadir di sini. Lokasinya berada di Jl. Rotowijayan no.1 Panembahan Yogyakarta.

De Mata Trick Eye Museum

Ini menjadi tempat paling populer di kalangan anak muda. Letaknya berada di Jl. Veteran no 150-151 Pandeyan Umbulharjo Yogyakarta.

Museum ini memajang lukisan-lukisan 3 dimensi yang keren. Bahkan ada beberapa lukisan dari ikon-ikon terkenal dunia, misalnya menara eiffel.

Lukisan ini nampak nyata, dan banyak pengunjung yang antre untuk mengambil foto dekat lukisan 3 dimensi menara eiffel ini.
Tentunya tidak hanya itu saja, banyak lukisan keren yang bisa menipu mata. Seolah Anda ngetrip ke berbagai obyek wisata luar negeri.

Wisata belanja malioboro

Buat yang suka belanja, sayang sekali kalau melewatkan belanja di malioboro ini. Banyak sekali barang yang dijual murah di sini, misalnya adalah baju, pernak-pernik dan lain sebagainya.

Menariknya lagi, Anda bisa mendapatkannya dengan harga yang lebih murah. Tentu saja kalau Anda mau menawar. Soalnya, tanpa menawar saja sudah murah, apalagi kalau bisa nawar. Pastinya akan lebih hemat.

Beberapa obyek wisata di atas telah menjadi kawasan yang paling populer di yogyakarta. Tak heran kepopulerannya menjadikan kawasan ini sebagai kawasan paling ramai di kota Yogyakarta.

Akomodasi Murah Di Kota Yogyakarta

Seperti yang kami katakan, sehari tak akan sanggup menjangkau keseluruhan obyek wisata di jogjakarta. Menariknya, obyek wisata yang dimaksud sama kerennya dengan obyek wisata yang lainnya.

Jika Anda memang ingin menjangkau beberapa obyek wisata keren di jogja, tentu butuh beberapa hari.

Kalau Anda memutuskan untuk menghabiskan liburan beberapa hari di jogja, pastikan sudah memiliki rencana untuk bermalam. Buat yang belum merencanakan mau tinggal dimana, akomodasi berikut ini bisa dipertimbangkan.

Penginapan Pugeran

Salah satu penginapan yang bisa diperhitungkan adalah penginapan pugeran. Lokasinya ga jauh dari keraton. Yakni sekitar 1.1 km dari keraton.

Penginapan ini cocok sekali untuk backpacker. Dan fasilitas yang diberikan terbilang cukup, yakni ac dan tv.
Untuk biaya sewa permalamnya, Anda akan dibebankan biaya sekitar Rp.70.000 – Rp.100.000.

Pondok 71

Penginapan murah lain yang juga bisa reservasi adalah Pondok 71. Penginapan ini sama dengan penginapan sebelumnya. Lokasinya juga ga jauh dari keraton, juga dekat dengan Halte Trans Jogja.

Biaya untuk reservasi permalamnya sekitar Rp.60.000 – Rp.100.000. Jadi, cukup murah dan cukup hemat.

Grand Zea

Penginapan murah ini bisa direservasi mulai Rp.60.000 – Rp.85.000. Mengenai fasilitasnya terbilang mumpuni. Kamar tidur bersih, AC dan ada TV.

Lokasi penginapan ini cukup dekat dengan museum de mata trick eye yang menjadi sorotan para wisatawan luar daerah.
Beberapa penginapan yang kami sebutkan ini cukup untuk menjadi tempat bermalam. Tentunya dengan harga murah, dan lokasinya berdekatan dengan lokasi wisata dalam kota Jogja sendiri.

Kuliner Khas Jogja

Setelah puas berkeliling jogja, tak salah bila Anda menyempatkan untuk berburu kuliner khasnya. Kuliner khas yang tak boleh ditinggalkan adalah Gudeg.

Makanan khas ini menjadi andalan kota jogjakarta. Bahkan saking terkenalnya, jogja sendiri dikenal juga sebagai kota gudeg.
Rasanya yang manis membuat kuliner ini digemari.

Tentu saja, mencicipi kuliner yang satu ini akan terasa suasananya jogja.

Meskipun banyak sekali gudeg di daerah lainnya, namun yang terenak hanya ada di Jogja. Makanya, tak salah kalau Anda seharusnya mencicipi gudeg ini.

Selain gudeg, ada juga sejumlah kuliner yang bisa dicicipi. Diantaranya adalah tiwul yang terbuat dari ketela, geplak, oseng-

oseng mercon dan sate klatak

Ada juga kuliner yang tak lazim dijajakan di joga. Kuliner yang dimaksud adalah kepompong ulat goreng, codot goreng, sampai belalang goreng.

Anda cukup tentukan mau mencicipi yang mana. Semuanya tersedia di jogja. Cukup telusuri pinggiran jogja, dan masuk ke warung-warung yang menjajakan kuliner tersebut. Tak usah khawatir, harganya terjangkau. Jadi, ga bikin saku bolong.

Berburu Souvenir Jogja

Berwisata selama beberapa hari di jogja tentu tak akan lengkap kalau pulangnya ga bawa oleh-oleh. Setidaknya, ini akan menjadi kenang-kenangan yang bisa terus mengingatkan Anda di tempat keren Jogja.

Mengenai jenis-jenis souvenirnya, Anda bisa mengambil beberapa saja. Diantaranya adalah Yangko, kerajinan perak, kerajinan kulit, grabah, manik-manik, serta kaos dagadu.

Yang lain juga ada, contohnya oleh-oleh makanan khas. Anda bebas memilih, mau salak pondoh, coklat monggo, geplak dan lain sebagainya.

Intinya, jangan lupa bawa oleh-oleh. Karena ini akan menjadi salah satu cara untuk mengingatkan Anda selama berada di Jogjakarta.

Cara Menuju Jogjakarta

Panduan wisata di jogja ini juga membagikan cara tentang bagaimana menuju kota jogja. Tentunya agar memudahkan Anda untuk mencapainya.

Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk sampai di Jogja. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan kereta api.

Setidaknya ada dua stasiun kereta api terbesar di jogjakarta yang siap melayani Anda. Stasiun tersebut adalah Stasisun Tugu dan Stasiun Lempuyangan.

Stasiun ini bisa menjadi tempat pemberhentian untuk Anda yang mengambil kereta api sebagai alat transportasi kereta api. Kalaupun ingin kembali dari jogja, Anda juga bisa menggunakan kembali kereta api ini.

Selain menggunakan kereta api, Anda juga bisa menggunakan jalur udara. Ini dipilih khusus buat Anda yang datang dari tempat yang jauh. Misalnya jakarta, atau luar jawa dan lain sebagainya.

Kemudian cara yang paling umum adalah dengan memanfaatkan Bus. Ini cara paling mudah, cukup beli tiket bus yang siap mengantarkan Anda ke tempat tujuan, yakni Jogjakarta. Atau, Anda bisa datang bersama rombongan wisata menggunakan bus pribadi.
Semuanya terserah Anda. Tinggal tentukan mau berangkat menggunakan alat transportasi apa, dan kapan waktu keberangkatan saja.

Tips Berwisata Di Jogjakarta

Buat liburan Anda keren dan penuh kejutan menyenangkan. Bagaimana caranya? Ikuti tips wisata ini agar segala sesuatunya berjalan lebih efektif.

Pertama, kelompokkan dulu obyek wisata yang akan dikunjungi. Berhubung banyak lokasi wisata, pilihlah beberapa tempat wisata yang sekiranya ingin didatangi.

Di sini, Anda bisa urutkan juga mulai dari obyek wisata mana yang akan terlebih dahulu dikunjungi. Kemudian memutuskan obyek wisata mana yang akan didatangi teakhir kali.

Kedua, tentukan mau menggunakan alat transportasi apa. Ini penting untuk memudahkan dalam hal menjangkau lokasi wisata.
Kalau berwisata secara rombongan, tentu sewa mobil pribadi atau bus adalah pilihan paling tepat. Tapi bila bersama keluarga yang notabenenya jumlahnya sedikit, cukup bawa kendaraan roda empat saja.

Ketiga, reservasi secara online terlebih dahulu penginapan yang akan dijadikan tempat menginap.

Cara ini tentunya untuk mempercepat Anda dalam beristirahat. Namun yang harus diingat, pastikan untuk mencari penginapan yang berada dekat dengan lokasi wisata yang akan didatangi.

Minimal, Anda sudah memperhitungkan akan menghabiskan waktu di obyek wisata tertentu. Kemudian di tempat terakhir yang dihabiskan sampai sore/malam, Anda sudah memilih penginapan dekat obyek wisata tersebut.

Keempat, perhitungkan budget yang Anda miliki. Minimal Anda sudah menghitung kira-kira akan mengeluarkan biaya untuk berkunjung di beberapa obyek wisata.

Mulai dari biaya untuk transportasi, biaya masuk obyek wisata, biaya penginapan, sampai biaya untuk wisata belanja dan kuliner.
Baru setelah itu, pastikan untuk membawa uang cadangan. Tujuannya agar bila terjadi sesuatu di luar rencana, biaya cadangan bisa dimanfaatkan demi kenyamanan berwisata di jogjakarta.

Kesimpulannya, jadikan liburan Anda di Jogja sebagai liburan paling keren dan memorable, tentunya dengan perencanaan yang matang seperti yang dijabarkan oleh panduan wisata di jogja ini.

Artikel Terkait

Berbagi informasi bisnis dan peluang usaha untuk Anda. Kontak kami utk informasi selengkapnya

Artikel terbaru