Pantai Indrayanti yang Cantik di Gunung Kidul


Pantai Indrayanti yang cantik di Gunung Kidul ini bisa menghadirkan suasana liburan khas pantai yang berbeda dengan pantai pada umumnya.

Nama asli dari pantai ini adalah Pantai Pulang Syawal, sudah ditetapkan oleh pemerintah di sana. Namun pengunjung lebih banyak mempopulerkan namanya sebagai Pantai Indrayanti.

Pantai ini menjadi surganya bagi pengunjung yang menginginkan panorama indah alam yang sunyi, bebas dari sampah yang bertebaran.

Hal ini tidak berlebihan karena pantai ini termasuk pantai yang baru diambah, masih terjaga keasliannya dan terawat.

Mengenai gambaran umumnya, pantai indrayanti gunung kidul ini memiliki keindahan alam luar biasa. Bisa dilihat dari airnya yang masih sangat jernih, berpasir putih, sampai perbukitan hijau di beberapa tempat.

Bukit hijau ini menjadi spot yang paling banyak dikunjungi. Karena dari tebing bukit ini, pengunjung bisa menikmati keindahan alam secara menyeluruh di pantai mempesona ini.

Kelebihan dari Pantai Indrayanti



Bila dibandingkan dengan pantai-pantai yang ada di Gunung Kidul, nampaknya pantai yang satu ini menyimpan keunggulannya.

Keunggulan inilah yang menjadi alasan mengapa Anda perlu berkunjung di obyek wisata jogja baru ini. Yakni destinasi wisata Pantai Indrayanti ini.

Salah satunya adalah masih terjaga kondisi alamnya, dalam artian tidak terkontaminasi dengan sampah dan lain sebagainya.

Hal ini bisa dilihat dari bersihnya area di sekitar seperti pasir putih, kemudian air yang begitu jernihnya seakan menyambut siapa saja yang berkunjung di pantai itu.

Selain itu, pantai ini letaknya sangat strategis. Dan bisa dijangkau dari obyek wisata lain di gunung kidul seperti Pantai Baron.

Dengan dekatnya pantai-pantai lain, pengunjung bisa memiliki banyak opsi untuk menjelajah masing-masing obyek wisata yang tersedia di Gunung Kidul.

Dengan kata lain, jika Anda sampai di obyek wisata ini, Anda juga bisa menjangkau obyek wisata lain sehingga Anda bisa memanjakan keinginan untuk menjelajah lebih dalam di Gunung Kidul.

Fasilitas yang Ditawarkan oleh Pantai Indrayanti



Pantai indah mempesona yang letaknya di Gunung Kidul ini jelas memberikan kenyamanan batin. Suasana santai akan tetap tersaji, dan suasana rumitnya aktifitas akan hilang di sini.

Keindahan pantai memang tiada duanya, apalagi setelah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas di dalamnya.

Salah satu fasilitas pantai indrayanti adalah adanya tempat duduk untuk bersantai. Kemudian adanya banyak tempat makan yang bakal memudahkan pengunjung untuk kuliner di sana.

Tak hanya itu saja, gazebo-gazebo juga didirikan untuk membuat pengunjung tetap tinggal untuk menikmati keindahan pantai. Apalagi ketika malam hari.

Pengunjung akan dimanjakan dengan kerlip lampu di sekitar pantai dari gazebo tadi. Dan ini akan menambah suasana romantis ketika Anda habiskan dengan kekasih.

Hal Yang Bisa Dilakukan Di Pantai Indrayanti


Berada di pantai indrayanti kabupaten gunung kidul tanpa melakukan kegiatan jelas akan mengurangi kesan liburan.

Hanya memandangi indahnya view alam di pantai sebenarnya sudah cukup. Karena bisa menenangkan fikiran.

Tapi akan jauh lebih memberi kesan jika melakukan berbagai aktifitas di sana. Contohnya adalah bermain-main di atas pasir putih, atau bermain bola voli.

Selain itu, Anda juga bisa mengabadikan liburan berkesan dalam sebuah potret. Contohnya adalah mengabadikan momen di atas perbukitan hijau yang notabenenya menghadirkan panorama keseluruhan dari pantai terindah di Jogja ini.

Yang paling menarik, kegiatan yang boleh dicoba adalah berenang di pantai. Karena pantai ini airnya sangat jernih disertai ombak yang cukup bersahabat. Tapi ingat, pastikan Anda menjaga keselamatan ketika berenang di pantai.

Sedangkan kegiatan terakhir yang pantas dicoba adalah berburu hidangan di pesisir pantai pulang syawal gunung kidul ini.

Ada banyak warung berdiri, dan menu yang ditawarkan adalah sajian dari makanan laut dan lain sebagainya. Anda bisa memilih mana yang disukai untuk memuaskan dahaga kuliner.

Dan Anda bisa menikmati hidangan sambil memandangi view alam yang masih bersih. Ini pasti menjadi bagian liburan yang pantas untuk dikenang atau diceritakan pada rekan.

Harga Tiket Memasuki Pantai Indrayanti


Untuk menikmati keindahan alam sambil melakukan aktifitas berkesan di pantai ini cukuplah murah. Biaya yang harus dikeluarkan tidak akan mengempiskan kantong saku.

Betapa tidak, harga tiket masuk pantai indrayanti ini hanya sekitar 10 ribu rupiah. Dan di sini, pengunjung bebas untuk menjelajah sampai puas.

Normalnya, pengunjung bisa datang di pagi, siang atau sore. Dan ada yang berada di sini sampai malam untuk menikmati indahnya malam bersama kerlip lampu di pesisir pantai tersebut.

Lokasi Pantai Indrayanti


Baru-baru ini, pantai ini mulai menjadi sorotan karena keindahan alamnya yang masih terjaga. Alhasil, banyak wisatawan yang berencana untuk mengunjunginya.

Bagi Anda yang baru pertama ingin datang di pantai ini, tak usah khawatir karena lokasi pantai indrayanti ini mudah ditemukan.

Untuk alamat pantai indrayanti ini berada di dusun Ngasem desa Tepus Gunung Kidul. Letaknya berada di bagian timur dari pantai Sundak yang dibatasi dengan perbukitan karang.

Pantai di jogja yang paling bagus ini bisa dijangkau dari solo ataupun dari Jogja sendiri. Anda bisa memilih memulai dari mana.

Pertama, bila Anda datang dari solo, Anda bisa berkendara menuju sukoharjo, kemudian tawang sari, semin, watukelir, Karangmojo, Tanjungsari, baru sampai pantai indrayanti.

Kalau berangkat dari Jogja, pastikan untuk menuju arah Piyungan, kemudian Patuk, Sambiputu, Lanud TNI Gading, Siyono, Bundaran Tugu BPD ke timur, Wonosari, Jalan Baron, Tanjungsari, baru pantai indrayanti.

Jika dilihat dari rutenya, nampaknya rute terpendek adalah bila dijangkau dari solo. Karena hanya melewati beberapa tempat sebelum sampai di obyek wisata pantai indrayanti gunung kidul.

Akomodasi Dekat Pantai Indrayanti


Kunjungan tidak hanya dilakukan di pagi hari saja, ada pula yang datang di sore hari sehingga butuh sebuah penginapan untuk merehatkan terlebih dahulu badannya.

Beruntungnya ada sejumlah akomodasi penginapan yang letaknya berdekatan dengan pantai baru di Jogja ini.

Salah satunya adalah Griya Pesisir. Penginapan ini letaknya berada di bibir pantai, atau berhadapan langsung dengan pantai sehingga tamu akan lebih mudah melihat pemandangan pantai dari balik kamar.

Fasilitas pendukungnya adalah shower, area parkir, kipas angin yang nantinya bisa dimanfaatkan oleh tamu yang menginap di dalamnya.

Yang kedua adalah Walet Guest House. Lokasinya berada di pinggir jalan utama menuju pantai, atau lebih dekat dengan penginapan pertama.

Untuk fasilitasnya cukup lengkap, contohnya camping ground, parkir, kamar sudah dilengkapi pendingin ruangan dan lain sebagainya.

Masih banyak sekali akomodasi dekat pantai indrayanti lainnya, misalnya Rock Garden Homestay and Resto, Griya Kusuma Bamboo Lengkung dan lain sebagainya.

Anda hanya perlu memilih penginapan mana yang dirasa sesuai dengan selera. Namun bagi yang ingin menginap di lokasi paling dekat pantai, nampaknya penginapan Griya pesisir bisa didipertimbangkan.

Itulah gambaran mengenai pantai Indrayanti yang cantik di Gunung Kidul. Jadi, jika Anda ingin liburan di pantai yang masih terjaga keasliannya, pantai indrayanti adalah jawabannya.

Yuk ke sana ...

Artikel Terkait

Berbagi informasi bisnis dan peluang usaha untuk Anda. Kontak kami utk informasi selengkapnya

Artikel sebelumnya