7 Wisata Pantai Jogjakarta yang Paling Terkenal

Pantai adalah salah satu tempat wisata yang paling menarik dan menggairahkan di Jogjakarta. Sehingga jika Anda sedang berwisata ke kota ini,7 wisata pantai Jogjakarta yang paling terkenal ini tidak boleh Anda lewatkan. 7 tempat inilah yang paling banyak menarik wisatawan untuk datang ke kota pelajar ini.

Akan sangat disayangkan jika Anda yang datang dari jauh-jauh melewatkan keindahan berbagai pantai di kota ini. Sebab Anda akan menemukan perbedaan yang mendasar dari di masing-masing tempat ini.

Justru karena perbedaan itulah yang menjadi daya tariknya.

Jogja sendiri dikenal dengan tempat wisatanya yang sangat banyak. Berbagai jenis wisata yang ada di kota ini memiliki daya tarik sendiri-sendiri. Jika boleh dikata, Jogja adalah salah satu kota yang memiliki jenis wisata terlengkap di negeri ini. Menariknya lagi semua jenis wisata tersebut merupakan yang paling indah. Sedangkan yang paling banyak dikunjungi adalah pantainya.

Inilah 7 pantai destinasi wisata alam di Jogjakarta yang tidak boleh Anda lewatkan keindahannya adalah sebagai berikut:

1. Pantai Parangtritis



Hampir semua orang mengenal pantai yang satu ini. Bahkan yang belum pernah melihat pantai inipun tahu bahwa pantai ini berada di Jogjakarta. Sebab pantai ini tidak hanya terkenal dengan keindahannya saja, tetapi cerita foklornyalah yang mengangkat pantai ini sampai ke seluruh penjuru negeri.

Pasalnya, pantai ini adalah tempat kediaman Nyi Loro Kidul. Sebuah dongeng rakyat yang dipercayai oleh masyarakat setempat dan kaum jawa di pelosok negeri. Kabarnya juga ada tempat khusus di dekat tempat ini yang jika ada orang ingin bertemu dengan sang Nyai maka ia dipersilahkan di tempat itu. Tempat itu adalah pesanggarahan yang berupa candi.

Pantai wisata pantai Jogja ini adalah surganya peselancar di seluruh dunia. Pantai yang paling banyak pengunjungnya ini adalah tujuan utama dari wisatawan yang berasal dari berbagai daerah. Sebab pantainya yang panjang dan lebar membuat pantai ini layak untuk menghabiskan waktu seharian. Berbagai permainan air bisa Anda coba di pantai ini. Dan mungkin Anda membutuhkan beberapa hari untuk memuaskan diri dengan berbagai keseruannya.

2. Pantai Pok Tunggal



Untuk sampai ke pantai ini, Anda perlu melewati jalan berbatu di tengah tebing. Terdapat satu pohon di tengah-tengah pasir putih menjadi satu-satunya ikon di pantai ini. Pantai ini akan tampak lebih indah pada sore hari karena sunsetnya yang begitu besar seakan-akan bisa diraih dengan tangan.

Tempat wisata alam di Jogja yang satu ini memang tidak begitu nampak dari luar. Tetapi setelah sampai pantainya, mata Anda tidak akan henti-hentinya mengagumi pemandangan yang luar biasa. Pasir putihnya lebih indah di bandingkan dengan pantai lain. Hanya saja belum banyak fasilitas yang bisa Anda temukan di tempat ini. Tetapi bagi Anda yang suka camping, pantai ini mungkin bisa menjadi tujuan utama anda.

3. Pantai Ngobaran



Pantai ini tidak hanya tampak indah pada pesona alamnya saja, tetapi keindahan ini dilengkapi dengan keanekaragaman tempat ibadah dari berbagai agama. Dan yang paling mengagumkan bangunan itu saling berdampingan. Ini menunjukkan bahwa warga setempat hidup saling menghargai dan hidup dalam kerukunan.

Di tempat wisata Jogja murah ini Anda tidak hanya berwisata tapi juga bisa langsung belajar tentang bagaimana seharusnya hidup dan menghidupi. Jadi pantai ini sangat cocok untuk mendidik anak sekaligus berlibur.

4. Pantai Glagah



Pantai ini juga salah satu pantai yang paling banyak dikunjungi oleh para pecinta mancing mania dan motocros. Sebab di pantai ini terdapat fasilitas untuk para biker dan motocros. Pemandangan laguna dan agrowisata sangat kental di pantai ini. Anda bisa berwisata sekaligus belajar mengenal tanaman. Tidak hanya itu, Anda juga bisa berkeliling menikmati keindahan laguna dengan menyewa perahu yang cukup terjangkau.

Jadi akan sangat menyesal jika Anda tidak mencoba memicu adrenalin dengan bermain motocros di pinggir pantai. Atau menyusuri pantai sambil menikmati pemandangan tanaman buah naga yang merupakan ikon di pantai ini. Selain untuk cuci mata, Anda bisa belajar budi daya buah yang penuh dengan vitamin ini. Sehingga wisata Anda kali ini akan berbeda dan tak akan terlupakan. Terlebih jika Anda berhasil membudidayakannya di rumah dan menjadi penghasilan utama.

5. Pantai Sundak



Pantai ini adalah salah satu pantai pasir putih yang paling menawan di Jogja. Di tempat wisata Jogja yang satu ini Anda akan menikmati hangatnya air laut, pantai pasirnya yang sangat menggoda, tetapi Anda juga bisa menikmati pemandangan hijau dari bukit-bukit kecil di sekitarnya. Sehingga di atas bukit itu Anda bisa melihat indahnya laut biru pantai ini.

Pantai tempat wisata alam Jogja ini juga kental dengan cerita rakyatnya. Pasalnya, nama yang digunakan untuk pantai ini adalah peristiwa yang pernah terjadi di masa lalu. Kata sundak sendiri berasal dari kata asu dan landak.

Dulunya, ada asu dan landak yang sedang bertengkar di pantai ini sehingga pantai ini disebut dengan dengan sundak. Anda bisa menelusuri sendiri kebenaran cerita ini dengan cara melihat geologi yang masih ada dan bertanya kepada masyarakat sekitar.

6. Pantai Siung



Pantai yang satu ini adalah surganya para pemanjat. Sebab di pantai ini terdapat banyak jalur yang cocok untuk dilewati para pemanjat dengan berbagi tingkatan kesulitannya. Bagi Anda yang suka memicu adrenalin, berwisata di pantai ini akan menjadi pengalaman indah yang tidak akan pernah terlupakan. Terlebih jika Anda mampu berhasil melalui semua kesulitan dalam tebing tersebut.

Tetapi bukan berarti Anda yang tidak suka panjat memanjat tidak perlu mengunjungi pantai ini. Sebab pantai ini juga sangat cocok untuk bermain dan bersantai bersama keluarga dan kekasih tercinta.

7. Pantai Drini



Pantai adalah salah satu pantai paling diminati di Jogjakarta. Hal yang paling menarik dari pantai ini adalah adanya pulau kecil yang ada di tengahnya. Bukit ini adalah sekat yang membagi pantai menjadi dua bagian.

Uniknya, di tiap-tiap bagian memiliki ciri masing-masing. Di satu sisi Anda akan menikmati pemandangan laut yang sangat tenang sedangkan di sisi lainnya Anda akan melihat pemandangan laut yang begitu bergemuruh ingin melahap sisi tenang tadi. Sehingga pulau ini bagaikan penengah yang menghalangi laut brutal untuk menghancurkan laut tenangnya.

Sebenarnya masih banyak pantai lainnya yang ada di gunung kidul inil. Tetapi untuk menghabisakan semuanya Anda mungkin akan membutuhkan waktu sebulan lebih. Untuk itu, paling tidak ketujuh pantai ini harus Anda kunjungi agar liburan Anda semakin lengkap dan berwarna.

Ada satu pantai lagi yang sangat menggoda dengan air terjunnya yang langsung jatuh di tepi pantai. Yaitu Pantai Jogan. Tetapi Anda hanya bisa menikmati pemandangan itu pada saat musim penghujan saja.

Itulah 7 wisata pantai Jogjakarta yang paling terkenal untuk Anda kunjungi bersama keluarga. Momen bersama keluarga harus Anda bikin seindah mungkin dengan menikmati keseruan di 7 pantai di atas. Setelah mengunjungi arena wisata sekarang saatnya mencari oleh oleh khas jogjakarta.

Artikel Terkait

Berbagi informasi bisnis dan peluang usaha untuk Anda. Kontak kami utk informasi selengkapnya