7 Wisata Jogjakarta yang Tidak Boleh Ketinggalan


Berlibur ke Jogja tidak akan asyik jika hanya mengunjungi satu atau dua tempat. 7 wisata Jogjakarta yang tidak boleh ketinggalan ini harus Anda kunjungi supaya liburan Anda penuh dengan warna.

Sebab Anda tidak hanya akan menikmati keindahan alam saja, keindahan seni budaya dan makanan khas serta oleh-oleh khas jogjakarta untuk dibawa pulang akan semakin membuat liburan Anda lebih indah. Jadi semua yang menjadi ciri khas dari kota ini harus Anda cicipi. Sehingga jika ada yang tanya tentang Jogja Anda bisa bercerita dengan sempurna. Paling tidak, Anda mendapatkan pelajaran berharga dari semua tempat wisata yang Anda kunjungi di Jogja. Masing-masing tempat mengajarkan pengetahuannya masing-masing.

Ketujuh tempat itu adalah sebagai berikut:

1. Candi Borobudur



Candi ini merupakan salah satu warisan peninggalan kebudayaan dunia yang menjadi tempat wisata paling diminati dari seluruh dunia. Tempat ini adalah tempat wisata yang wajib dikunjungi di Jogja. Candi ini berada di Magelang. Karena jaraknya yang dekat dengan Jogja maka candi ini sering disebut berada di Jogja. Tetapi setiap wisatawan akan menyesal jika sudah sampai di Jogja dirinya tidak berkunjung ke Candi Borobudur.

Yang paling menarik dari candi ini adalah keajaiban arsitekturnya. Sebab bisa menciptakan struktur bangunan yang kokoh dengan dipenuhi pahatan tingkat tinggi pada masa dahulu dirasa sangat sulit. Bahkan pada era sekarang pun belum tentu bisa menciptakan kemegahan bangunan yang seperti itu.

Menurut beberapa literatur yang ada, candi ini merupakan candi yang dibangun pada masa Sailendra pada Dinasti Mataram Kuno yang selesai dibangun pada abad ke 8. Candi ini merupakan candi terbesar yang dibangun untuk tempat peribadatan kaum buddha. Karena memang terdapat banyak patung buddha.

Tetapi menurut penelitian baru-baru ini, tempat hits di Jogja ini adalah peninggalan dari kerajaan Nabi Sulaiman. Yaitu singgasana Ratu Bilqis yang dipindahkan dalam sekejap mata oleh para jin karena suruhan Nabi Sulaiman.

Secara pastinya tentang asal usul candi ini belum diketahui. Karena memang tidak ada peninggalan teks yang bisa dipelajari. Untuk nama aslinya sendiri, candi ini tidak ada yang tahu. Jika Anda tertarik untuk membuktikan beberapa versi cerita tadi, Anda bisa langsung mendatangi sendiri tempat ini.

2. Candi Prambanan



Candi yang satu ini juga tidak kalah menariknya dengan Candi Borobudur. Candi ini digunakan sebagai tempat peribadatan kaum Hindu pada waktu itu. Jika dilihat dari dekatnya jaraknya dengan Candi Borobudur, maka bisa ditarik kesimpulan bahwa dulu masyarakat sudah hidup dengan rukun dalam perbedaan agama.

Candi ini terdiri dari 3 candi besar yang disebut sebagai trimurti yaitu Wisnu, Siwa dan Brahma. Di sekitar 3 candi tersebut terdapat candi-candi kecil yang menjadi pelengkap dan menambah keindahan candi ini.

Jarak 2 km dari candi ini juga terdapat peninggalan sejarah lainnya yang dikenal dengan Istana Ratu Boko. Para wisatawan yang sudah menikmati Candi Prambanan akan langsung ke istana ini untuk menikmati indahnya sunset.

3. Malioboro



Salah tempat wisata paling menarik di Jogja adalah Malioboro. Ini hanya nama dari sebuah jalan yang ada di Jogja. Hanya saja, yang menarik dari tempat ini adalah wisata belanjanya yang sangat murah. Di sepanjang Malioboro Anda akan menemukan banyak penjual baju batik khas kota Jogja dengan variasi harga yang bisa Anda tawar. Karena sistem dagangnya yang seperti di pasar, tempat ini menjadi tempat paling diburu oleh para wisatawan untuk mendapatkan kenang-kenangan khas dari Jogja.

4. Pantai Parangtritis



Pantai ini sangat mistis karena berhubungan erat dengan ratu penguasa lautan. Yakni Nyi Roro Kidul. Mungkin Anda yang berasal dari Jawa mengenal nama ini sebagai sosok jahat yang setiap tahunnya suka meminta tumbal manusia. Bahkan di era 90an, ratu kidul ini sering dijadikan bahan untuk menakut-nakuti anak kecil yang sulit dinasehati. Dan anehnya, tokoh ini sangat efektif untuk membuat anak berdiam di rumah.

Walaupun begitu, pantai ini merupakan salah satu pantai pariwisata di Jogja yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan di seluruh belahan dunia. Selain akses jalannya yang mudah dilalui, pantai ini juga memberikan pemandangan senja yang sangat indah dengan pasir hitamnya yang khas. Kebanyakan yang berkunjung ke tempat ini tidak mau ketinggalan untuk mengibarkan layang-layang yang menjadi salah satu ikon pantai ini.

Konon, asal usul Ratu Kidul sendiri adalah salah satu dari bidadari yang pernah turun ke bumi. Tetapi tidak bisa kembali ke kahyangan karena selendangnya dicuri oleh Jaka Tarub. Kemudian setelah hidup bersama Jaka Tarub dan memiliki anak, bidadari ini tetap tidak bisa kembali ke kahyangan karena sudah bercampur dengan hawa manusia. Sehingga ia kembali ke bumi dan menetap di laut kidul.

Tetapi selain dijadikan tempat wisata, tempat ini juga sering dijadikan tujuan sebagian orang yang ingin cepat kaya dengan bersekutu dengan sang ratu. Dan untuk bisa mendapatkan tujuannya, ia harus melakukan berbagai ritual khusus di tempat khusus dekat pantai yang konon dipercaya sebagai pesanggrahan sang ratu.

5. Keraton Jogjakarta




Tempat wisata Jogja yang satu ini adalah ikon paling penting sehingga akan sangat disayangkan jika Anda tidak berkunjung ke tempat ini. Di tempat ini Anda akan belajar bagaimana Jogja mampu melestarikan budayanya sejak jama dulu. Anda bisa berkunjung ke tempat ini dengan jalan kaki dari jalan Malioboro. Anda akan menemukan museum yang menceritakan bagaimana megahnya kebudayaan Jawa.

6. Pasar Beringharjo



Pasar ini adalah pasar tertua dan paling tradisional di Jogja. Sehingga Anda akan sangat menyesal jika tidak pernah belanja di pasar ini. Anda bisa mendapatkan aneka pernak pernik mulai dari baju sampai kerajinan tangan yang semuanya khas Jogja dengan harga yang sangat terjangkau. Bahkan Anda mungkin akan mendapatkan harga baju paling murah dibandingkan dengan pasar lainnya. Pasar ini adalah salah satu wisata belanja yang paling diburu sebagaimana Malioboro.

7. Kampung Wijilan



Kampung ini adalah salah satu kampung yang menyajikan wisata kuliner khas Jogja. Anda tentu tidak asing dengan makanan gudeg yang rasanya terkenal manis. Nah, kampung ini adalah pusatnya Gudeg Jogja. Aneka gudeg bisa Anda coba di kampung ini dengan berbagai olahan dan rasa yang masing-masing memiliki cita rasa sendiri-sendiri. Tetapi, justru karena perbedaan gudeg yang disajikan di kampung inilah yang menjadikan kampung sebagai pusat Gudeg di Jogjakarta.

Anda bisa menyantap gudeg di tempat ini mulai dari jam setengah 6 pagi sampai jam 9 malam. Anda juga bisa membeli makanan ini untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh khas Jogja. Karena dengan cara masak yang khas gudeg ini bisa bertahan beberapa hari, bahkan ada yang bertahan sampai satu tahun tanpa bahan pengawet.

Itulah 7 wisata Jogjakarta yang tidak boleh ketinggalan. Dan mungkin jika tidak sekarang Anda menikmatinya, belum tentu ada kesempatan lagi. Jadi pikirkanlah untuk mengunjungi semua tempat itu mulai dari sekarang.

Yuk ke Jogja!

Artikel Terkait

Berbagi informasi bisnis dan peluang usaha untuk Anda. Kontak kami utk informasi selengkapnya