7 Kuliner Jogjakarta yang Paling Terkenal


Rasanya, tidak lengkap kalau liburan ke Jogja tanpa menicicipi kuliner khas Jogja. Apalagi, kuliner khas Kota Gudeg ini tidak hanya gudeg saja. Ada banyak kuliner yang terkenal akan kelezatannya. Dari sekian banyak kuliner yang ada, artikel ini akan merangkum 7 kulier Jogjakarta yang paling terkenal.

Dijamin, kuliner ini terasa sekali Jogja punya, dan membuat Anda ketagihan untuk mencoba lagi pada liburan berikutnya.

Sekilas, ketujuh kuliner selain gudeg Jogja ini terdiri dari bakmi jawa, sego pecel, magelangan, oseng mercon, soto Jogja, sate klathak, dan nasi brongkos. Membayangkan ketujuh kuliner itu saja sudah bikin ngiler. Kalau begitu, mari kita lihat detail seperti apa kuliner khas Jogja paling terkenal tersebut.

1. Bakmi Jawa



Jika Anda penggemar mie, maka Anda akan tahu ternyata bakmi Jawa ini berbeda dengan bakmi kebanyakan. Apalagi, jika sudah diracik dengan bumbu khas Jawa, maka kuliner yang satu ini semakin menggugah selera. Makanan khas yang satu ini sudah melegenda, sama dengan gudeg Jogja.

Seperti namannya, bahan utama kuliner ini adalah mie yang ditambah dengan bumbu rahasia rempah-rempah khas Jawa. Hasilnya, cita rasa kuliner ini sangat khas di lidah. Ada rasa pedas dari rempah-rempah, tapi tetap terasa enak dan gurih di lidah. Yang membuat berbeda adalah mie-nya.a Ada dua jenis mie yang umum digunakan: bihun dan mie kuning basah. Kedua bahan ini lalu dicampur dengan sayuran misalnya kubis, kol, tomat, wortel dan juga telur.

Mungkin, yang membuat cita rasanya berbeda dengan bakmi pada umumnya adalah cara memasaknya. Meskipun sudah modern dan ada kompor gas, memasak kuliner Jogja yg terkenal ini masih menggunakan tungku sehingga rasa aslinya tetap terjaga.

2. Sego Pecel



Sego pecel atau nasi pecel lebih miri dengan gado-gado, hanya saja, kacang yang akan digunakan untuk sambal sudah digoreng terlebih dahulu. Dengan tambahan aneka sayuran yang direbus, seperti bayam, sawi putih, taoge, kemangi , dan mentimun, beserta nasi liwet yang masih panas, makan nasi pecel beralaskan daun pisang akan terasa nikmat.

Rasa sambal kacang ini sangat khas Jogja. Rasa pedas bercampur rasa manis. Ada aroma daun jeruk yang menambah aroma harum menggugah selera siapa saja. Meskipun sederhana dan mudah dibuat, makan nasi pecel akan membuat Anda merasa puas. Beberapa tempa di Jogja yang menyajikan nasi pecel ini menambah kerupuk dan tempe goreng anget sebagai tambahan pemanis. Dari segi harga, nasi pecel merupakan kuliner Yogyakarta murah enak.

Nasi pecel yang paling terkenal bisa Anda temukan di daerah UGM dengan harga kurang dari Rp.10.000. Tepatnya di sebelah utara Fakultas Peternakan UGM atau sering disebut dengan selokan mataram. Di sana ada warung nasi pecel yang sudah berdiri sejak 1959. Sunggu sangat legendaris, bukan?

3. Magelangan



Makanan yang satu ini tidak hanya menjadi idola para wisatawan di Jogja, tapi juga anak kost dan mahasiswa. Harganya ramah kantong tapi rasanya sangat lezat, namanya Magelangan. Makanan ini banyak ditemukan di sekitar kampus di Jogja, khususunya sekitar UIN Kalijaga.

Dilihat dari namanya, sepertinya Magelangan berasal dari Magelang, tapi asalnya dari JOgja. Makanan ini dibuat dari campuran mie instan, dengan telur, sayuran dan nasi. Bahannya sangat mudah dicari, yaitu mie goreng instan (segala merek), telur ayam, nasi, sayuran yang biasanya sawi dan bumbu utama berupa irisan bawang dicampurdengan saus dan kecap. Dengan tambahan kerupuk, kuliner khas Yogyakarta ini akan membuat perut Anda yang telah keroncongan penuh dan nikmat.

4. Oseng Mercon



Kalau Jogja umumnya dikenal karena masakannya yang manis dan gurih, oseng mercon menyuguhkan makanan dengan rasa yang amat pedas. Kuliner yang satu ini sering diserbu para wisatawan khususnya bagi mereka pecinta pedas. Rasa pedasnya sangat terasa, dengan bumbu khas Jogja menambah nikmatnya makan oseng mercon.

Baha utama oseng mercon adalah gajih, kulit, kikil dan tulang muda. Bumbu oseng mercon berupa cabe super pedas biasanya rawit merah dan keriting, bawang merah, bawah putih, jahe dan bawang merah goreng. Jika Anda memang pecinta pedas sejati, ujilah lidah Anda dengan masaka super pedas ini. Oseng mercon ini bisa dijadikan kuliner Yogyakarta malam hari sebelum Anda kembali ke hotel untuk istirahat. Rugi sekali kalau Anda ke Jogja tidak menyempatkan mencicipi pedasnya oseng mercon.

5. Soto Jogja



Jika Anda kebetulan lewat daerah Kadipuro, Jogja, cobalah untuk mampir disebuah warung di perempatan Wirobrajan, dan mencoba sedapnya Soto Kadipiro. Soto memang bisa ditemukan dimana saja di Jawa Tengah, Yogyakarta maupun tempat-tempat lainnya karena murah, mudah dibuat dan segar. Namun, soto di Jl. Wates ini sangat khas Jogja.

Cita rasa Jogja benar-benar ditonjolkan di soto Kadipuro ini. Konon, resepnya sudah melegenda. Bahannya terdiri dari minyak sayur, daun salam, serai, bawang putih, bawang merah dan merica beserta tambahan bawang goreng.

Nah, jika Anda berada di sekitar Malioboro, sempatkan untuk mampir di soto Kadipuro. Dijamin, rasanya berbeda. Cemilan di sana juga beraneka ragam. Soto Kadipuro ini memang salah satu kuliner Jogja asik sehingga banyak diminati para wisatawan.

6. Sate Klathak



Khusus penggemar sate kambing, kali ini harus mencoba sedapnya sate Klathak khas Jogja. Sate yang satu ini sudah terkenal di Jogja, dan mungkin sudah pernah Anda dengar hanya saja belum sempat untuk mencicipinya. Nah, sate Klathak ini secara khusus diambil dari daging kambing muda, dibumbui sate khas Jogja. Kalau Anda sudah mencicipi sate di banyak tempat, sate klathak ini benar-benar berbeda dengan sate kebanyakan.

Salah satu yang paling terkenal adalah Sate Klathak Pak Pong. Buka dari jam 10.00 pagi, sate klathak di sana selalu laris manis. Sudah banyak yang datang kesana sekedar mencicipi lezatnya sate kambing mudah ini. Sekarang tinggal Anda yang harus mencoba kuliner Jogja yang satu ini.

7. Sayur Brongkos



Kuliner Jogja yang sedap dan gurih bisa jadi hanya sayur brongkos saja. Jika yang lain memberikan rasa manis, pedas menyengat hingga aroma yang menggugah selera seperti soto dan sate, Anda perlu mencoba kuliner khas Jogja yang satu ini.

Masakan ini terbuat dari bahan dasar berupa kacang tolo, tuhu putih dan daging sapi. Campuran bumbu yang sedap dan pedas serta santan kelapa khas Jogja yang kental menciptakan cita rasa yang gurih. Rasa pedasnya terasa di lidah Anda, tapi rasa gurihnya sangat kuat sehingga kedua rasa ini mendominasi lidah Anda ketika mencicipinya.Sayur brongkos paling enak disajikan dengan nasi yang masih panas. Santap makanan ini selagi masih hangat sehingga rasa gurih dan lezatnya sayur brongkos begitu berasa di lidah Anda.

Itu dia 7 kuliner Jogjakarta yang paling terkenal. Kapanpun Anda liburan di Jogja, sempatkan untuk mencicipi kuliner khas jogjakarta tersebut agar liburan Anda tidak sia-sia.

Artikel Terkait

Berbagi informasi bisnis dan peluang usaha untuk Anda. Kontak kami utk informasi selengkapnya